Sukses

Kondisi Kim Jong-un Dilaporkan Memburuk Usai Jalani Prosedur Kardiovaskular

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan sedang dirawat karena masalah jantung.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan berada dalam kondisi yang memburuk usai melalui prosedur jantung awal bulan ini. Kim Jong-un terakhir kali muncul di publik pada 11 April 2020 lalu. 

Dilaporkan The Japan Times, Selasa (21/4/2020), spekulasi mengenai keadaan Kim Jong-un muncul setelah ia melewati peringatan ulang tahun Kim Il Sung, pendiri Korut dan kakek Kim Jong-un. Biasanya, Kim Jong-un selalu memantau kegiatan ini. Namun kali ini ia tak terlihat.

Berdasarkan situs Daily NK yang dikelola pembelot Korut, Kim Jong-un saat ini dirawat di villa yang berlokasi di resort Gunung Kumgang --yang masih berada di daerah Hyangsan, pesisir timur Korut. 

Namun, laporan CNN International berkata kondisi Kim Jong-un sudah sangat parah, meski statusnya belum bisa dikonfirmasi.

Kim Jong-un terakhir terlihat pada 11 April saat memimpin pertemuan partai. Setelahnya, ia berangkat ke rumah sakit.

Pada 12 April, Kim Jong-un melakukan prosedur kardiovaskular untuk menangani masalah pada jantungnya di rumah sakit di Hyangsan.

Kondisi Kim Jong-un menurun akibat sering merokok, obesitas (kegemukan), dan terlalu lelah bekerja.

Kunjungan Kim Jong-un ke gunung sakral Paektu juga disebut sebagai penyebab kondisinya memburuk. Meski ia sering ke gunung itu sambil berkuda.

"Pemahaman saya adalah ia kesulitan dengan penyakitnya sejak Agustus lalu, tetapi semakin parah karena berulang kali berkunjung ke Gunung Paektu," ungkap sumber dari Daily NK.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.