Sukses

Sempat Ramalkan Pandemi Virus, Bill Gates Dituding Dalang Wabah Corona COVID-19

Bill Gates, seorang pendiri Microsoft sekaligus miliarder dunia sempat memprediksi pandemi virus --kini Corona COVID-19 -- di masa mendatang. Kini ia dituduh jadi penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pidatonya di tahun 2015, Bill Bill Gates memperingatkan bahwa risiko terbesar bagi umat manusia bukanlah perang nuklir tetapi virus infeksi yang dapat mengancam kehidupan jutaan orang.

Pidato itu muncul kembali dalam beberapa pekan terakhir dengan 25 juta tampilan baru di YouTube - tetapi tidak dengan cara yang dimaksudkan oleh Bill Gates. Demikian seperti dilansir dari laman New York Times, Senin (20/4/2020). 

Anti-vaksinator, anggota kelompok konspirasi QAnon dan pakar sayap kanan malah menggunakan video itu sebagai bukti bahwa salah satu pria terkaya di dunia berencana menggunakan pandemi untuk merebut kendali sistem kesehatan global.

Bill Gates, pria berusia 64 tahun yang menjadi co-founder Microsoft telah berubah filantropis, kini telah menjadi bintang ledakan teori konspirasi tentang wabah Virus Corona baru. 

Dalam sejumlah unggahan di YouTube, Facebook, dan Twitter, ia secara keliru digambarkan sebagai pencipta COVID-19, sebagai pencatut dari vaksin virus, dan sebagai bagian dari rencana pengecut untuk menggunakan penyakit tersebut yang bertujuan memusnahkan atau mengawasi populasi global.

Klaim ini kemudian telah mendapatkan daya tarik, dengan para pakar konservatif seperti Laura Ingraham dan anti-vaksinator seperti Robert F. Kennedy Jr. karena Bill Gates telah muncul sebagai penyeimbang vokal bagi Presiden Trump pada pandemi Corona.

Selama berminggu-minggu, Bill Gates telah muncul di TV, di halaman-halaman op-ed (opposite the editorial page) dan di forum-forum Reddit sambil menyerukan kebijakan tinggal di rumah, pengujian diperluas dan pengembangan vaksin.

Dan tanpa menyebut nama Trump, ia telah mengkritik kebijakan presiden, termasuk langkah minggu ini untuk memotong dana ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Informasi Keliru

Informasi yang salah tentang Bill Bill Gates sekarang adalah yang paling luas dari semua kepalsuan tentang Virus Corona baru yang dilacak oleh Zignal Labs, sebuah perusahaan analisis media.

Informasi yang keliru mencakup lebih dari 16.000 posting di Facebook tahun ini tentang Bill Gates dan virus, telah disukai dan dikomentari hampir 900.000 kali, menurut analisis New York Times. Di YouTube, 10 video paling populer yang menyebarkan kebohongan tentang Bill Gates, yang diposting pada bulan Maret dan April ditonton hampir lima juta kali.

Bill Gates, yang kekayaannya bernilai lebih dari $ 100 miliar, secara efektif telah mengambil peran yang ditempati oleh George Soros, pemodal miliarder dan donor Demokrat yang telah menjadi penjahat untuk partai sayap kanan. Itu menjadikan Bill Gates sebagai individu terakhir, bersama dengan Dr. Anthony Fauci , ahli penyakit menular AS terkemuka yang terjerat dalam aliran punditry sayap kanan yang telah merendahkan orang-orang yang tampak berselisih dengan Trump mengenai Virus Corona baru itu.

"Bill Bill Gates dengan mudah diubah menjadi meme dan figur yang berhubungan dengan kesehatan karena dia sangat terkenal," kata Whitney Phillips, asisten profesor di Universitas Syracuse yang mengajarkan etika digital.

Terutama sejak Bill Gates telah mempertajam komentarnya tentang penanganan Virus Corona baru oleh Gedung Putih dalam beberapa pekan terakhir.

"Tidak ada pertanyaan bahwa Amerika Serikat melewatkan kesempatan untuk maju dari virus corona baru," tulisnya dalam kolom opini di The Washington Post pada 31 Maret.

"Pilihan yang kita dan para pemimpin buat sekarang akan memiliki dampak besar pada seberapa cepat jumlah kasus mulai turun, berapa lama ekonomi tetap ditutup dan berapa banyak orang Amerika harus menguburkan orang yang dicintai karena COVID-19," tulisnya lebih lanjut. 

Mark Suzman, kepala eksekutif Bill & Melinda Bill Gates Foundation, kendaraan filantropi utama Bill Gates, mengatakan, “sangat menyedihkan bahwa ada orang yang menyebarkan informasi yang salah ketika kita semua harus mencari cara untuk berkolaborasi dan menyelamatkan hidup.”

Melalui perwakilan, Bill Gates pun menolak untuk diwawancarai.

3 dari 5 halaman

Teori Konspirasi Virus Corona

Teori konspirasi tentang Bill Gates secara khusus dapat merusak apa yang orang pikirkan soal vaksin Virus Corona baru di masa depan, kata Claire Wardle, direktur eksekutif First Draft, sebuah organisasi yang memerangi disinformasi online. 

Dia mengatakan narasi "memiliki potensi untuk memulai kampanye online yang terkoordinasi dan canggih yang membuat orang tidak mau menggunakan vaksin virus."

YouTube, Twitter, dan Facebook, yang juga memiliki Instagram, mengatakan mereka memerangi informasi yang salah mengenai Virus Corona baru.

4 dari 5 halaman

Tuduhan Terhadap Yayasan Amal Bill Gates

Bill Gates, yang mendirikan Microsoft bersama Paul Allen pada tahun 1975 dan membangunnya menjadi raksasa perangkat lunak, sebagian besar mencurahkan waktunya untuk upaya filantropis sejak ia mundur dari perusahaan pada tahun 2008. Pada 2018, Bill Gates Foundation memiliki dana abadi senilai $ 46,8 miliar, menjadikannya salah satu organisasi amal swasta terbesar di dunia.

Yayasan ini telah bekerja untuk mendistribusikan vaksin di negara-negara berkembang, menganjurkan keluarga berencana melalui penggunaan kontrasepsi yang lebih besar dan mendanai pengembangan tanaman rekayasa genetika.

Upaya-upaya itu telah memicu tuduhan yang tidak berdasar bahwa Bill Gates telah menyakiti orang miskin di dunia dengan obat-obatan yang tidak perlu dan tanaman berbahaya ketika mencoba untuk menekan populasi global.

Ketidaksukaannya terhadap Trump, yang telah ia temui beberapa kali, juga menjadi rahasia umum bagi publik. Pada tahun 2018, cuplikan video menunjukkan ketika Bill Gates menceritakan bagaimana Trump membutuhkan bantuan untuk membedakan HIV, yang mengacu pada Virus Human Immunodeficiency dan menyebabkan AIDS, dari HPV, yang merupakan human papillomavirus, infeksi yang ditularkan secara seksual.

"Kedua kali dia ingin tahu apakah ada perbedaan antara HIV dan HPV, jadi saya bisa menjelaskan bahwa mereka jarang bingung satu sama lain," kata Bill Gates dalam tawa dalam komentarnya kepada yayasannya.

Pada bulan Januari, ketika Virus Corona baru mulai menyebar, Bill Gates Foundation berkomitmen untuk mendonasikan dana senilai $10 juta untuk membantu pekerja medis di China dan Afrika. Pada bulan Februari, Bill Gates menimbang pada penyakit, peringatan dalam The New England Journal of Medicine bahwa COVID-19 berperilaku seperti patogen sekali abad.

Selain menulis Washington Post op-ed, ia menyerukan pengujian yang lebih adil dan adil dalam sesi Reddit "Ask Me Anything" bulan lalu. Bulan ini, Bill Gates muncul di "The Daily Show" dan mengatakan bahwa yayasannya akan mendanai pabrik untuk tujuh vaksin potensial yang paling menjanjikan.

Pada hari Rabu, Yayasan Bill Bill Gates mengatakan akan memberikan $ 250 juta, naik dari janji sebelumnya $ 100 juta, untuk memperlambat penyebaran penyakit.

Pada saat itu, kepalsuan tentang Bille Bill Gates telah lepas landas.

Penyebutan pertama tentang konspirasi tak berdasar yang menghubungkannya dengan wabah terjadi pada 21 Januari, menurut analisis Times. Saat itulah kepribadian YouTube yang terkait dengan QAnon menyarankan di Twitter bahwa Bill Gates telah mengetahui pandemi tersebut. Tweet tersebut didasarkan pada paten terkait Virus Corona baru dari Pirbright Institute, sebuah kelompok Inggris yang menerima dana dari Bill Gates Foundation.

Paten bukan untuk COVID-19 itu terhubung ke vaksin potensial untuk Virus Corona berbeda yang mempengaruhi unggas. Tetapi dua hari kemudian, situs konspirasi Infowars secara tidak akurat mengatakan bahwa paten itu untuk "virus yang mematikan."

Gagasan itu menyebar. Dari Februari hingga April, teori konspirasi yang melibatkan Bill Gates dan virus disebutkan 1,2 juta kali di media sosial dan siaran televisi, menurut Zignal Labs. Itu menjadi 33 persen lebih sering, katanya, daripada teori konspirasi terbesar berikutnya: bahwa gelombang radio 5G menyebabkan orang menyerah pada COVID-19.

Beberapa teori mengeteng kenalan Bill Gates dengan Jeffrey Epstein, pemodal yang dihukum karena perdagangan seks dan bunuh diri, mengatakan bahwa elit global telah bersatu untuk menciptakan Virus Corona baru.

Dalam teori lain, kabar burung di internet memutar komentar yang dibuat oleh Bill Gates. Salah satunya mengatakan Bill Gates, yang telah mengangkat gagasan "sertifikat digital" untuk mengonfirmasi siapa yang memiliki virus, ingin mengawasi populasi dengan implan vaksinasi microchip.

5 dari 5 halaman

Tokoh Pendukung Konspirasi

Pada April, teori konspirasi Gates palsu memuncak pada 18.000 dalam sehari, kata Zignal Labs.

Teori-teori itu diperkuat oleh orang-orang seperti Kennedy, putra mantan Senator Robert F. Kennedy, yang berkampanye menentang vaksin sebagai direktur jaringan Pertahanan Kesehatan Anak. Di halaman Instagram-nya, Kennedy mengatakan Gates mendorong vaksin untuk memberi makan kepentingan bisnisnya yang lain.

Pada hari Selasa, Kennedy memposting kartun Gates yang tersenyum dengan jarum suntik dan tulisan: "Tubuh Anda, pilihan saya."

Kennedy, yang pengikut Instagram-nya berlipat ganda menjadi lebih dari 285.000 sejak Maret, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia mengatakan yang sebenarnya tentang "kerusakan parah" yang telah ditimbulkan oleh Gates kepada dunia dengan vaksin.

Dalam tweetnya pada 7 April, Ingraham, pembawa acara Fox News, berbagi teori konspirasi tentang motif jahat di balik seruan Gates untuk melacak dan mengidentifikasi siapa yang telah menerima vaksin COVID-19. 

"Secara digital melacak setiap gerakan Amerika telah menjadi impian para globalis selama bertahun-tahun," tulisnya.

Ingraham pun tidak menanggapi permintaan komentar.

Dan Roger J. Stone Jr., orang kepercayaan Trump yang dijatuhi hukuman 40 bulan penjara tahun ini karena tindak pidana terkait dengan kampanye Trump 2016, mengatakan dalam wawancara radio minggu ini yang dilaporkan oleh The New York Post bahwa apakah Gates bermain beberapa peran dalam pembuatan dan penyebaran virus ini terbuka untuk debat yang gencar. "

Pada hari Rabu, setelah Gates mengatakan menarik dana ke Organisasi Kesehatan Dunia tidak disarankan, reaksi pun muncul dengan cepat. 

Salah satu anti-vaksinator memposting poster film "Kill Bill" di Instagram yang bertuliskan "Kill Bill Gates" dan menyerukan agar orang membanjiri komentar di akun Instagram Bill Gates.

Pada hari yang sama, ketika Gates memposting ucapan terima kasihnya kepada petugas kesehatan, ia menerima lebih dari 14.000 komentar. Salah satu nya tertulis: "Virus ini adalah kebohongan besar, besar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.