Sukses

Dalam Sebulan Nyaris Tak Ada Kasus Corona COVID-19 di Taiwan

Pengendalian termasuk larangan sementara pada pengunjung asing adalah salah satu cara pemerintah Taiwan atasi Corona COVID-19.

Liputan6.com, Taipei - Di Taiwan, nyaris tidak ada satupun kasus Corona COVID-19 yang dilaporkan dalam satu bulan terakhir.

Sekolah, kantor, dan restoran beroperasi dengan normal. Tetapi pemerintah di pulau itu diharapkan mampu menunggu sampai pandemi global membaik.

Sebelum menurunkan status waspadanya di setiap perbatasan. Hal ini juga dianggap agar mampu menahan penyebaran virus, demikian dikutip dari laman VOA, Kamis (15/4/2020).

Hanya satu kasus baru yang muncul pada 5 April 2020. Setiap hari sejak 26 Maret, Pusat Komando Epidemi Sentral Taiwan telah melaporkan dua hingga enam kasus baru tanpa ancaman wabah yang menyebar di masyarakat.

"Pejabat Taiwan akan terus menegakkan langkah-langkah pengendalian Virus Corona sampai krisis di luar negeri membaik," kata Huang Ching-tai, seorang profesor dan dokter di departemen penyakit menular Rumah Sakit Chang Gung Memorial.

"Situasi Taiwan saat ini dianggap cukup baik, dan kita semua merasa santai, tetapi untuk melihat situasi seluruh dunia, tidak ada yang jelas menyerah," kata Huang.

"Kami benar-benar tidak ingin mengatakan bahwa epidemi telah terangkat."

Langkah-langkah pengendalian termasuk larangan sementara pada pengunjung asing dan diperlukan karantina 14 hari untuk semua kedatangan termasuk penumpang transit.

Sebagian besar kasus Taiwan adalah warga negara yang terbang kembali dari negara yang terinfeksi.

Sekolah-sekolah di Taiwan memeriksakan para siswanya setiap hari untuk tanda-tanda demam dan membatasi kegiatan ekstrakurikuler.

Toko-toko, bank, dan kompleks kantor meminta pelanggan untuk tetap berjarak 1,5 meter atau mengenakan masker wajah.

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Sektor Terdampak

Taiwan telah mempertahankan beban kasusnya lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara tetangga di Asia. Dengan menghentikan penerbangan lebih awal dari bagian yang terinfeksi di China.

"Bagaimana kita bisa menstabilkan situasi kesehatan dan membiarkan semua orang kembali ke kehidupan normal adalah sesuatu yang selalu kita pikirkan," kata Chen Shih-chung, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan.

Industri jasa Taiwan sedang berjuang di bawah kendali dan kehilangan lebih banyak bisnis karena orang-orang ragu untuk keluar, kata Liang Kuo-yuan, presiden organisasi penelitian Lembaga Penelitian Polaris di Taipei.

Dalam industri makanan, minuman, dan penginapan, 2.693 orang diberhentikan dalam dua minggu terakhir di bulan Maret, lebih banyak daripada sektor lainnya, menurut angka Kementerian Tenaga Kerja.

Perusahaan yang mengorganisir acara melakukan bisnis kecil, sebagian karena larangan pertemuan dalam ruangan lebih dari 100 orang.

Pekerja pariwisata juga memutus sementara klien yang kerap mengunjungi Taiwan seperti, Jepang, Korea Selatan dan negara di Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.