Sukses

Bantu RI tangani Corona COVID-19, Korea Selatan Kirim Ratusan Penyemprot Disinfektan

Liputan6.com, Jakarta- Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia, mengatakan bahwa Pemerintah Korea Selatan pada Selasa, 31 Maret 2020 lalu telah memutuskan untuk memberikan bantuan senilai 500.000 dolar AS kepada Indonesia. Dalam rangka memberikan dukungan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. 

Bantuan itu diberikan dalam bentuk in - kind yang di antaranya termasuk alat tes (PCR test kit), dan 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer), seperti dikutip dari rilis Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia yang diterima Rabu (8/4/2020). 

"300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) telah terlebih dahulu tiba pada Rabu, 8 April pukul 15.25 WIB di Bandara Soekarno-Hatta," ujar pihak Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia melalui keterangan tertulisnya.

Kedubes Republik Korea juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat, alat tes (PCR test kit) dan peralatan tambahan lainnya akan dikirim ke Indonesia. 

Di tengah situasi pandemi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia, Kedubes Republik Korea menyampaikan bahwa Pemerintah Korea Selatan berharap dapat semakin mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan dengan Indonesia. 

Dalam rilis itu, Indonesia juga dikatakan sebagai mitra utama dalam New Southern Policy Korea Selatan yang menjadi satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki Special Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Khusus) dengan negara itu. 

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama yang Kuat

Pada KTT yang digelar di Istana Bogor pada November 2017, Indonesia dan Korea Selatan telah sepakat untuk meningkatkan hubungannya menjadi Special Strategic Partnership, menurut rilis itu. 

Perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia juga turut berpartisipasi untuk memberikan bantuan untuk Indonesia dalam penanganan Virus Corona COVID-19. 

Salah satu perusahaan yang memberikan bantuan adalah LG Group, yang berupa alat tes (untuk pemeriksaan sebanyak 500.000 kasus) dan telah tiba di Jakarta. Perusahaan lainnya adalah Korea Midland Power (KOMIPO), yang juga berencana untuk mengirimkan APD (Alat Pelindung Diri) ke Indonesia sebanyak 100.000 dolar AS, kata Kedutaan Besar Republik Korea. 

Kedubes Republik Korea juga menyampaikan bahwa sejumlah perusahaan asal Korea Selatan lain juga sedang merencanakan pemberian bantuan ke Indonesia.

Selain itu, dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Korea Selatan juga dikatakan membuat kerja sama mereka dengan Indonesia semakin kuat. 

Kedutaan Besar Korea Selatan akan terus bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19," kata Kedubes Republik Korea dalam rilisnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: