Sukses

Pernah Buat Kapal Tenggelam, Ini 4 Fakta Menarik Seputar Toilet

Selain menjadi tempat yang penting untuk kegiatan sehari-hari, toilet yang nyaman juga akan memberikan Anda inspirasi baru untuk menjalani kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali Anda menganggap remeh keberadaan toilet, karena hanya digunakan saat tertentu saja. Namun, sadarkah Anda bahwa toilet memegang peranan penting dalam kenyamanan hidup?

Selain menjadi tempat yang penting untuk kegiatan sehari-hari, toilet yang nyaman juga akan memberikan Anda inspirasi baru untuk menjalani kehidupan.

Ada sejumlah fakta menarik tentang toilet. Meski ini adalah hal sederhana dan tak pernah terpikirkan, namun ada sejumlah fakta unik tentang hal ini.

Seperti dikutip dari laman toptenz.net, Senin (23/3/2020) berikut 4 fakta menarik soal toilet:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Toilet Meledak

Toilet yang meledak mungkin terdengar seperti cerita lucu. Tetapi sebenarnya itu merupakan masalah keamanan yang nyata dalam sejarah toilet.

Dalam kasus yang jarang terjadi, air limbah yang meluap dan kebocoran udara yang tidak disengaja ke toilet telah menyebabkan sebuah toilet dalam masalah besar.

Seperti sebuah kisah yang dijelasan dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Business Insider. Beberapa model Flushmate III Pressure-Assist Flushing System yang dibuat antara tahun 1997 dan 2008 menjadi sasaran penarikan kembali oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen AS ketika ditemukan bahwa toilet dapat meledak.

Masalah toilet yang meledak bahkan pernah menyebabkan gugatan US$ 5 juta kepada produsen. Walaupun konsep toilet yang meledak jarang terjadi, namun sejumlah kasus pernah dilaporkan bisa membunuh manusia.

 

3 dari 5 halaman

2. Serangan Hewan dari dalam Toilet

Serangan hewan saat menggunakan toilet tampaknya terlalu mengada-ada, tetapi ketika itu terjadi, itu sangat mengerikan untuk dibayangkan.

Kadang-kadang, menggunakan kakus membawa risiko munculnya sejumlah hewan yang paling sering muncul yaitu laba-laba.

Tetapi nasib malang pernah dialami oleh seorang pria Thailand lantaran diserang hewan di kamar mandi pada Mei 2016 dan kemudian menderita gigitan serius pada penisnya.

Seekor ular sanca dengan panjang 10 kaki yang menyerangnya. Pria itu tewas akibat bisa ular.

 

4 dari 5 halaman

3. Kapal Tenggelam Karena Toilet

Selama Perang Dunia II, sebuah U-boat Jerman tenggelam akibat kerusakan toilet. Ya, akibat toilet, sebuah kapal menjadi karam di dasar laut.

Penempatan toilet dalam kapal dalam kasus ini adalah U-boad milik Jerman terbilang rumit dan membutuhkan teknologi yang baik.

Toilet mengandalkan sistem katup yang rumit di bawah tekanan tinggi yang juga memerlukan pelatihan khusus bagi mereka yang mengoperasikannya.

Berangkat dari Kristiansand, Norwegia, kapal itu menuju Inggris dengan harapan mencegat kapal Sekutu, tetapi dipersingkat menjadi hanya 8 hari ketika bencana melanda pada 14 April.

 

5 dari 5 halaman

4. Hari Toilet Sedunia

Mungkin ini terdengar aneh. Namun benar adanya. Mereka menyebutnya Hari Toilet Sedunia. Tidak, ini bukan acara di mana penggemar dan profesional memamerkan foto-foto toilet, atau di mana orang-orang berpakaian seperti toilet dalam beberapa jenis kontes foto.

Hari Toilet Sedunia ditetapkan pada tahun 2001 dan pada 2013 menjadi hari resmi PBB. Situs web untuk Hari Toilet Sedunia mencakup pernyataan berikut yang menyoroti pentingnya masalah akses toilet:

"Siapa pun Anda, di mana pun Anda berada, sanitasi adalah hak asasi Anda. Namun, hari ini, 4,2 miliar orang hidup tanpa sanitasi yang dikelola dengan aman."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.