Sukses

Pernyataan Lengkap Pangeran Harry Usai Direstui Pilih Megxit

Liputan6.com, London - Ratu Inggris Elizabeth II telah merestui Pangeran Harry dan Meghan Markle yang memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris atai Megxit. 

Pihak Istana Buckingham mengumumkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tak akan lagi menggunakan gelar 'Yang Mulia' (HRH) mereka. "Sussex  tidak akan menggunakan gelar "Yang Mulia" (HRH) mereka karena tidak lagi bekerja dalam Anggota Keluarga Kerajaan."

"Duke dan Duchess of Sussex  juga telah berbagi keinginan mereka untuk membayar kembali pengeluaran Sovereign Grant untuk perbaikan Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah Keluarga Inggris mereka."

Pihak Istana Buckingham menyataka, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah resmi mundur dari tugas kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi. Mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas kerajaan.

"Dengan restu Sang Ratu, Sussex akan terus mempertahankan perlindungan dan asosiasi pribadi mereka. Sementara mereka tidak dapat lagi secara resmi mewakili sang ratu, Sussex  juga menjelaskan bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan akan terus menjunjung tinggi nilai-nilai dari Yang Mulia Ratu," ungkap pihak Istana Buckingham.

Menanggapi hal itu, Pangeran Harry menyampaikan pidato kebenaran dan kejujuran terkait keputusannya untuk mundur dari keluarga Kerajaan Inggris pada makan malam amal Sentebale di London semalam. Berikut ini isi lengkap pidato Pangeran Harry, seperti dilansir news.com.au, Senin (20/1/2020):

 

2 dari 4 halaman

Isi Lengkap Pidato Pangeran Harry

"Selamat malam, dan terima kasih telah berada di sini untuk Sentebale, sebuah amal yang saya dan Pangeran Seeiso ciptakan pada tahun 2006 untuk menghormati warisan ibuku dalam mendukung mereka yang terkena dampak HIV dan AIDS.

Sebelum saya mulai, saya harus mengatakan bahwa saya hanya bisa membayangkan apa yang mungkin Anda dengar atau mungkin baca selama beberapa minggu terakhir...

Jadi, aku ingin kau mendengar kebenaran dariku, sebanyak yang bisa aku bagikan - bukan sebagai Pangeran, atau seorang Duke, tetapi sebagai Harry, orang yang sama yang telah Anda saksikan tumbuh selama 35 tahun terakhir - tetapi dengan perspektif yang lebih jelas.

Inggris adalah rumah saya dan tempat yang saya sukai. Itu tidak akan pernah berubah.

Aku tumbuh merasakan dukungan dari banyak dari kalian, dan aku menyaksikan ketika kamu menyambut Meghan dengan tangan terbuka ketika kamu melihatku menemukan cinta dan kebahagiaan yang telah kuharapkan sepanjang hidupku. Akhirnya, putra kedua dari Diana tertahan, hore!

Saya juga tahu Anda telah mengenal saya dengan cukup baik selama bertahun-tahun untuk mempercayai bahwa wanita yang saya pilih sebagai istri saya menjunjung tinggi nilai-nilai yang sama dengan saya. Dan dia melakukannya, dan dia adalah wanita yang sama yang saya cintai.

Kami berdua melakukan segala yang kami bisa untuk mengibarkan bendera dan menjalankan peran kami untuk negara ini dengan bangga. Begitu Meghan dan saya menikah, kami senang, kami berharap, dan kami di sini untuk melayani. Karena alasan-alasan itu, saya sangat sedih telah sampai pada hal ini.

Keputusan yang saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur, bukanlah keputusan yang saya buat dengan enteng. Itu berbulan-bulan pembicaraan setelah bertahun-tahun tantangan. Dan saya tahu saya tidak selalu melakukannya dengan benar, tetapi sejauh ini, benar-benar tidak ada pilihan lain.

Yang ingin saya jelaskan adalah kita tidak berjalan pergi, dan tentu saja kita tidak berjalan menjauh dari Anda. Harapan kami adalah untuk terus melayani Ratu, persemakmuran, dan asosiasi militer saya, tetapi tanpa dana publik. Sayangnya, itu tidak mungkin.

Saya telah menerima ini, mengetahui bahwa itu tidak mengubah siapa saya atau seberapa komitmen saya. Tetapi saya harap itu membantu Anda memahami apa yang harus terjadi, bahwa saya akan melangkah mundur dari keluarga yang pernah saya kenal, untuk mengambil langkah maju ke dalam apa yang saya harap dapat menjadi kehidupan yang lebih damai.

Saya lahir dalam kehidupan ini, dan merupakan kehormatan besar untuk melayani negara dan Ratu saya.

Ketika aku kehilangan ibuku 23 tahun yang lalu, kau membawaku di bawah sayapmu. Anda sudah lama memperhatikan saya, tetapi media adalah kekuatan yang kuat, dan harapan saya adalah suatu hari nanti dukungan kolektif kita untuk satu sama lain bisa lebih kuat karena ini jauh lebih besar daripada hanya kita.

Merupakan hak istimewa kami untuk melayani Anda, dan kami akan terus menjalani kehidupan pelayanan.

Juga merupakan hak istimewa untuk bertemu dengan banyak dari Anda, dan untuk merasakan kegembiraan Anda untuk putra kami,“ Archie, yang melihat salju untuk pertama kalinya di hari lain dan berpikir itu sangat brilian!

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Saya akan selalu menghormati nenek saya, komandan tertinggi saya, dan saya sangat berterima kasih kepadanya dan seluruh keluarga saya, atas dukungan yang telah mereka tunjukkan kepada Meghan dan saya selama beberapa bulan terakhir.

Saya akan terus menjadi orang yang sama yang menyayangi negaranya dan mendedikasikan hidupnya untuk mendukung perjuangan, amal dan komunitas militer yang sangat penting bagi saya.

Bersama-sama, kamu telah memberiku pendidikan tentang hidup. Dan peran ini telah mengajari saya lebih banyak tentang apa yang benar dan hanya dari yang bisa saya bayangkan. Kami melakukan lompatan keyakinan - terima kasih telah memberi saya keberanian untuk mengambil langkah selanjutnya.

Jadi ... selamat datang di taman Richard, kurang air mancur!

Pertama, perkenankan saya menggemakan kata-kata Johnny sebelumnya dan berterima kasih khususnya pada Patricia dan Richard, dan semua tim yang terlibat dalam membuat malam ini sangat istimewa dan sukses seperti itu ... setidaknya sejauh ini ... Terima kasih juga sudah muncul!

Saya yakin Lewis adalah faktor penentu, tetapi saya tahu Anda semua akan pergi malam ini dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang kami coba capai di Sentebale, dan itulah yang sangat penting bagi kami.

Saya pertama kali mengunjungi Lesotho beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2004, dan diperlihatkan oleh teman baik saya Pangeran Seeiso - yang sayangnya tidak dapat bergabung dengan kami malam ini.

Terkena kesulitan dan tantangan yang dihadapi banyak anak, dan dengan dukungan mitra lokal, kami mendirikan Sentebale dua tahun kemudian. Kata Sentebale berarti "jangan lupakan aku" dalam Sesotho dan juga berfungsi sebagai memori ibu Pangeran Seeiso dan juga ibu saya.

Sejak awal, kami telah mengembangkan serangkaian program dan menciptakan tujuan yang dibangun pusat Mamahato untuk membantu generasi anak menerobos stigma yang memungkinkan epidemi HIV berkembang. Setengah dari anak-anak itu kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya karena virus.

Tetapi hari ini melalui jaringan klub, kamp, dan program kami di Lesotho dan Botswana, kami membantu anak-anak dan remaja untuk mengetahui bahwa mereka dapat terus menjalani kehidupan yang bahagia dan produktif, meskipun HIV positif.

Kami mengajari mereka bahwa virus human immunodeficiency ini tidak harus menjadi hukuman mati bagi siapa pun lagi, bahwa musuh sesungguhnya yang kita lawan adalah stigma, dan sikap kuno yang bekerja terhadap kaum muda yang maju ketika ingin melakukan tes HIV."

Ini bersangkutan di setiap bagian dunia saat ini, termasuk di sini di Inggris, di mana diperkirakan ada 110.000 orang yang hidup dengan HIV.

Di sini, saya tidak bisa menyebut teman saya Gareth Thomas, yang dalam pikiran saya benar-benar mengubah cara orang berpikir tentang HIV - jadi terima kasih.

Dengan berada di sini malam ini, Anda masing-masing membantu memerangi stigma itu dan membantu generasi anak-anak dan remaja untuk menjadi generasi yang mengakhirinya.

Pekerjaan dan komitmen saya untuk amal ini, yang saya dirikan 14 tahun yang lalu sekarang, tidak akan pernah goyah.

Saya dan semua orang di Sentebale, baik di sini di London, Lesotho atau Botswana - akan melanjutkan pekerjaan untuk membuat dampak jangka panjang yang nyata bagi semua yang telah rentan.

Ada banyak yang harus dilakukan, tetapi itu hanya mungkin dengan bekerja bersama dan menerima dukungan dari orang-orang seperti Anda sendiri ... dan seperti Lewis Capaldi ... yang telah dengan murah hati terbang ke sini langsung dari Malaysia, melalui Dubai - mengambil malam ini sebagai jalan memutar dalam perjalanan ke the Grammys in Los Angeles - tempat dia dinominasikan untuk lagu terbaik.

Lewis, terima kasih telah meluangkan waktu dari jadwal sibukmu untuk bersama kami malam ini. Kami semua sangat berterima kasih.

Hadirin sekalian ... Saya mempersembahkan Lewis Capaldi ...

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekali Unggah di Media Sosial, Pangeran Harry-Meghan Markle Raih Rp1,5 Miliar
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Tunjukkan Kemarahan pada Istana