Sukses

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Puerto Rico, Listrik Padam

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Puerto Rico. Kerusakan akibat gempa ini mencapai jutaan dolar di sepanjang pantai selatan di pulau tersebut, yang sebelumnya juga diguncang gempa dengan magnitudo 6,4 hingga merusak rumah-rumah dan sekolah.

Survei Geologi AS melaporkan, gempa terjadi pada Sabtu 11 Januari pukul 8.54 waktu setempat dan menghantam sejauh 8 mil (13 kilometer) Tenggara Guanica pada kedalaman dangkal 3 mil (5 kilometer). Lindu tersebut diikuti beberapa gempa susulan, termasuk yang berkekuatan magnitudo 5,2 kurang dari dua menit kemudian.

Para Pejabat Puerto Rico mengatakan, "tidak ada cedera atau kematian yang dilaporkan."

Gempa ini terjadi empat hari setelah gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang daerah yang sama. Guncangan gempa tercatat lebih dari 1.200 yang sebagian besar kecil terjadi dalam 15 hari terakhir. Semua guncangan juga dilaporkan terjadi pada kedalaman dangkal.

Gubernur Puerto Rico, Wanda Vazquez memperkirakan kerusakan menghabiskan hingga $ 110 juta, dengan total 559 bangunan yang terkena dampak. Ia juga menambahkan pemerintahannya segera mengeluarkan $ 2 juta untuk enam kota yang mendapatkan dampak paling banyak. Gubernur Wanda Vazquez  juga sedang mencari deklarasi bencana besar dari pemerintah A.S, yang akan membebaskan lebih banyak dana federal.

NASA juga melaporkan, bahwa gempa yang terjadi telah memindahkan tanah di bagian Selatan Puerto Rico sebanyak 5,5 inci (14 sentimeter), berdasarkan gambar satelit yang terlihat saat sebelum dan sesudah gempa, seperti dikutip dari The Assosiated Press

2 dari 4 halaman

Gempa Sebabkan Padamnya Listrik

Diwartakan oleh Voice of America, akibat dari gempa ini, seperti dilaporkan Otoritas Tenaga Listrik Puerto Rico, wilayah Selatan Puerto Rico sebagian besar mengalami pemadaman listrik, juga para kru yang memperkirakan kerusakan di pembangkit listrik.

Para pejabat di Puerto Rico juga mengatakan bahwa mereka akan menilai kembali semua struktur yang sebelumnya sudah diperiksa, dengan adanya gempa magnitudo 5,9 ini.  

3 dari 4 halaman

Gempa dengan Guncangan Terkuat

Wakil Walikota Elizabeth Ocasio di kota Pantai Selatan Ponce mengatakan kepada The Associated Press bahwa daerah pusat kota sudah ditutup oleh para pejabat termaksud dua daerah terdekat lainnya, dengan melemahnya infrastruktur.

Mereka mengatakan, ada banyak infrastruktur bersejarah di Ponce, dan "Satu bangunan benar-benar runtuh," ungkap mereka.

Gempa awalnya dihitung pada magnitudo 6,0, yang merupakan guncangan terkuat sejak gempa yang terjadi pada Selasa kemarin, yang juga merupakan guncangan terkuat yang menghantam pulau itu dalam satu abad, seperti dikutip dari The Assosiated Press

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
BMKG: Gempa Hari Ini Bikin Sumbawa Bergetar
Artikel Selanjutnya
Gempa Magnitudo 5,1 Getarkan Sumbawa Barat