Sukses

Melihat Langsung Ruang Penghitungan Hasil Rekapitulasi Pemilu Taiwan

Liputan6.com, Taipei - Central Election Commission (CEC) yang bertugas sebagai lembaga perhitungan hasil pemilu presiden dan parlemen Taiwan akan segera menghitung seluruh suara yang telah diberikan oleh masyarakat dari penjuru negeri.

Menurut jadwal Central Election Commission akan memulai perhitungan dengan sistem komputer pada pukul 16.00 waktu setempat.

Berlokasi di Wenshan, Taipei, Taiwan, pihak CEC membuka Counting and Information Center.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi penghitungan suara, Sabtu 911/1/2020), tersedia layar besar yang menampilkan grafik, yang nantinya akan menampilkan hasil persentase dari jumlah suara.

Tak hanya hasil rekapitulasi calon presiden dan wakil presiden, hasil pemilu untuk parlemen dan partai juga akan ditampilkan.

Di ruangan yang sama juga disediakan kursi dan meja bagi jurnalis lokal maupun internasional. Ada pula tempat untuk para pengunjung yang sudah mendapat undangan resmi.

Sementara itu, objek yang cukup penting adalah lokasi petugas penghitungan suara pemilu Taiwan yang masuk lewat sistem komputer.

2 dari 3 halaman

Ada Dua Pihak yang Bekerja Menghitung Hasil Pemilu

Petugas yang mengenakan rompi kuning adalah pihak resmi dari CEC. Sementara itu, petugas yang mengenakan rompi biru adalah pihak swasta yang juga turut membantu pemerintah dalam menghitung hasil suara.

Dalam hal ini, pihak swasta yang membantu adalah perusahaan provider dari Chunghwa Telecom.

“Penghitungan suara secara resmi akan dimulai pada pukul 16.00 waktu setempat,” ujar salah satu petugas CEC.

“Pihak CEC dibantu oleh pihak swasta dalam penghitungan suara,” tambahnya.

Selain petugas dari CEC, hasil perhitungan juga dibantu oleh pihak swasta dalam hal ini Chunghwa Telecom (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

 

3 dari 3 halaman

Sistem Distribusi Suara

Menurut keterangan dari rilis yang diterima Liputan6.com pada Sabtu, 11 Januari 2020, sistem penghitungan suara akan diselesaikan pada hari yang sama, sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Real-time Election Result Online adalah sistem yang digunakan untuk mengupdate hasil pemilihan suara.

Sistem distribusi sendiri dilakukan dari seluruh penjuru Taiwan. Setelah pemungutan suara selesai, masing-masing TPS akan menghitung suara. Hasil suara itu akan ditulis dalam laporan resmi dan hasilnya dikirim lewat sistem online.

Pihak Counting and Information Center di Taipei akan menerima hasil suara dari masing-masing TPS di desa maupun kota lalu memasukannya dalam sistem Real-time Election Result Online.

Jumlah TPS di Seluruh Taiwan

CEC menyebut jumlah pemilih yang terdaftar secara resmi berjumlah 19.316.248 orang. 5.143 di antaranya adalah pemilih yang tinggal di luar negeri.

Ada tiga pasang kandidat yaitu pertahana presiden Tsai Ing-wen dan Lai Ching-te dari Democratic Progressive Party (DPP), Han Kuo-yu dan Chang San-cheng mewakili Kuomintang (KMT) dan James Soong dan Sandra Yu mewakili People First Party.

CEC juga merilis jumlah TPS di Taiwan mencapai 17.226 lokasi dengan jumlah staf mencapai 228.058 orang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Maskot Lucu dari Taiwan untuk Lawan Penyebaran Corona
Artikel Selanjutnya
Taiwan Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona COVID-19