Sukses

Top 3: 2 Fenomena Astronomi Terjadi Hingga Potret Gerhana Matahari Cincin di Langit Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Dua fenomena astronomi terjadi pada Kamis 2 Desember 2019. Kedua fenomena astronomi tersebut adalah gerhana matahari cincin dan asteroid melintasi bumi. Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin bisa diamati di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, dan sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yakni di Kabupaten Singkawang.

Fenomena astronomi yang kedua adalah sebuah asteroid besar yang mendekati Bumi. Direktur CNEOS Paul Chodas mengatakan, ukuran "dekat" asteroid dengan Bumi ini hanya dalam istilah astronomi, tidak dalam istilah manusia, yaitu berdasarkan data dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA (CNEOS).

Informasi ini menjadi yang paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Informasi menarik berikutnya datang dari kabar mengenai 7 legenda dan mitos gerhana matahari dari seluruh dunia. Pasalnya, zaman dahulu, orang-orang cenderung menggunakan penjelasan gaib. Dalam catatan sejarah muncul berbagai mitos terkait gerhana matahari dari berbagai penjuru dunia mulai dari Yunani Kuno sampai Viking. 

Informasi tak kalah menarik lainnya mengenai potret gerhana matahari cincin yang terlihat di langit Jakarta. Langit Indonesia akan kembali mengalami Gerhana Matahari pada 2023. Pantauan Liputan6.com, saat Gerhana Matahari terjadi, langit Jakarta sempat gelap beberapa saat.

Simak ketiga artikel menarik yang menjadi sorotan di kanal Global Liputan6.com edisi Jumat, 27 Desember 2019:

2 dari 5 halaman

1. 2 Fenomena Astronomi Terjadi Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin dan Asteroid

Dua fenomena astromi terjadi hari ini, Kamis (26/12/2019). Fenomena alam yang menjadi penutup 2019 ini adalah Gerhana Matahari Cincin dan asteroid melintasi Bumi.

Gerhana Matahari Cincin sayang dilewatkan, sebab Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari lagi pada 2023 mendatang. 

Namun, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat gerhana dengan jelas. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hanya ada beberapa wilayah yang bisa dengan jelas menyaksikan gerhana matahari cincin.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. 7 Legenda dan Mitos Gerhana Matahari dari Seluruh Dunia

Masyarakat Indonesia menikmati gerhana matahari cincin yang jarang terjadi. Fenomena gerhana matahari terjadi ketika bulan melintasi antara bumi dan matahari dan menghalangi cahayanya.

Zaman dahulu, orang-orang cenderung menggunakan penjelasan gaib. Dalam catatan sejarah muncul berbagai mitos terkait gerhana matahari dari berbagai penjuru dunia mulai dari Yunani Kuno sampai Viking.

Di Indonesia, ada legenda Bathara Kala yang memakan matahari sehingga terjadi gerhana matahari. Sebagai solusi, masyarakat tempo doeloe membunyikan bermacam perangkat agar si raksasa jahat itu beranjak pergi.

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Potret Gerhana Matahari Cincin di Langit Jakarta

Gerhana Matahari Cincin menjadi fenomena astronomi terakhir pada 2019. Di Jakarta, fenomena yang terjadi berupa Gerhana Matahari Sebagian pada Kamis (26/12/2019).

Langit Indonesia akan kembali mengalami Gerhana Matahari pada 2023. Pantauan Liputan6.com, saat Gerhana Matahari terjadi, langit Jakarta sempat gelap beberapa saat.

Berbeda dengan di wilayah lain, di Jakarta hanya dilintasi Gerhana Matahari Sebagian.

Baca selengkapnya...

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading