Sukses

7 Potret Cahaya di Bumi Saat Malam Natal dari Ruang Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Badan Antariksa Amerika, NASA merilis gambar mempesona dari ruang angkasa terbaru. Kali ini menunjukkan bagaimana cahaya lampu menerangi malam libur Natal dan Tahun Baru di seluruh dunia.

Dalam sebuah e-book baru dengan 200 halaman, "Earth at Night," NASA telah menyusun gambar-gambar dari satelit selama 25 tahun ketika planet Bumi diselimuti kegelapan.

Di malam hari, cahaya kecil dari aktivitas manusia terlihat di permukaan Bumi. Selama liburan, lampu-lampu itu menjadi lebih luas cakupannya dan semakin terang.

Setelah menganalisis pola cahaya malam hari dunia antara 2012 dan 2014, para peneliti NASA menemukan, tidak mengejutkan, bahwa AS memancarkan cahaya yang lebih intens di sekitar waktu Natal dan Tahun Baru. Mereka juga menemukan lebih banyak semburan cahaya selama bulan Ramadhan di Timur Tengah.

Berikut ini pemandangan cahaya terang di Bumi saat libur Natal dan Tahun Baru yang dipotret dari ruang angkasa, seperti dikutip dari Bussines Insider, Rabu (25/12/2019):

 

 

2 dari 8 halaman

1. Paling Terang Saat Desember

Dalam gambar ini, warna hijau mewakili area AS di mana ada lebih banyak cahaya di bulan Desember dibandingkan dengan sisa tahun itu. Merah mewakili area di mana ada sedikit cahaya.

Sementara kuning mewakili area tempat aktivitas cahaya tetap sama.

Perbandingan ini berasal dari pengamatan sinyal cahaya malam hari pada Desember 2012 dan Desember 2013, dibandingkan dengan output cahaya rata-rata 2012-2014.

3 dari 8 halaman

2. Washington, DC, Paling Cerah

Setelah memeriksa 70 kota di AS, NASA menemukan bahwa pencahayaan di daerah perkotaan pusat adalah 20% hingga 30% lebih terang di bulan Desember.

Washington, DC, sangat cerah dibandingkan dengan Baltimore, Maryland, dan Richmond, Virginia.

4 dari 8 halaman

3. Wilayah Pinggiran AS juga Lebih Terang di Bulan Desember

Lampu Natal bahkan lebih intens di pinggiran kota dan pinggiran kota-kota besar. Area-area tersebut berkembang 30% menjadi 50% lebih cerah di bulan Desember.

Bercak hijau di Texas menunjukkan bahwa Dallas dan Houston memiliki tingkat keceriaan Natal yang serupa.

5 dari 8 halaman

4. Secara Signifikan Lebih Terang Selama Musim Liburan Natal dan Tahun Baru.

Dalam gambar-gambar ini, setiap piksel mewakili cahaya setengah mil.

Kota-kota di bagian utara California seperti San Francisco dan Sacramento secara signifikan lebih terang selama musim liburan.

6 dari 8 halaman

5. Perubahan Cahaya Signifikan Saat Musim Liburan Natal juga Terjadi di Sini

Musim liburan Natal dan Tahun Baru juga menyemarakkan Los Angeles, San Diego, dan Las Vegas, tetapi Phoenix dan kota perbatasan Meksiko, Tijuana, melihat perubahan cahaya liburan terbesar.

Gambar menunjukkan hasil rata-rata di bulan Desember, bukan output cahaya untuk satu hari.

7 dari 8 halaman

6. Ada yang Terang, Lainnya Tidak

Bahkan dalam keadaan yang sama, beberapa kota lebih terang daripada yang lain.

Beberapa bagian Miami tidak melihat perubahan selama liburan, tetapi kota-kota Florida secara keseluruhan sedikit lebih cerah.

8 dari 8 halaman

7. Pola Musim Liburan

Pola cahaya menunjukkan "tradisi nasional, bersama" di sebagian besar kota di AS, menurut para peneliti.

Atlanta juga terjadi penambahan cahaya saat musim libur Natal.

Puerto Riko dan Republik Dominika tidak seterang daratan AS pada bulan Desember, tetapi ibu kota mereka terang selama liburan.

Loading