Sukses

Lubang Hitam hingga Bumi dari Bulan, Ini 6 Potret Menakjubkan di Ruang Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Ruang angkasa adalah tempat yang luar biasa. Manyajikan pemandangan menakjubkan dari sudut pandang baru. Selain itu juga tak diragukan lagi memberikan pandangan nyata alam semesta bagi astronot yang cukup beruntung untuk melesat keluar dari atmosfer Bumi.

International Space Station (ISS) atau Stasiun Ruang Angkasa Internasional berada dalam orbit reguler di sekitar Bumi. Tidak hanya berfungsi sebagai rumah bagi astronot dan kosmonot, tetapi juga sebagai laboratorium sains yang unik.

Stasiun itu mengitari bumi dengan kecepatan sekitar 250 mil, menempuh kecepatan 17.500 mil per jam dan mengorbit planet ini setiap 90 menit. Menjadi saksi dari beberapa pemandangan ruang angkasa yang sangat menakjubkan.

Berikut ini sejumlah di antaranya yang Liputan6.com kutip dari ABCNews.go, Selasa (24/12/2019):

2 dari 8 halaman

1. Jaringan teleskop global Event Horizon Telescope (EHT) berhasil mengabadikan foto sebuah lubang hitam supermasif. Potret itu merupakan foto pertama lubang hitam yang dipublikasikan. Penampakan lubang hitam tersebut kini dinobatkan sebagai Breakthrough of the Year 2019 oleh Science, jurnal terkemuka Amerika Serikat pada Kamis 19 Desember.

3 dari 8 halaman

2. Foto aurora australis ini diambil di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, 13 Juni 2019.

4 dari 8 halaman

3. Ini adalah dua Bulan Saturnus. Bulan terbesar dan kedua terbesar Saturnus, Titan dan Rhea, tampak bertumpuk satu sama lain dalam adegan yang benar-benar berwarna dari wahana antariksa Cassini milik NASA, 16 Juni 2011.

5 dari 8 halaman

4. Ini adalah NGC 6814, galaksi spiral di konstelasi Aquila. Di pusat pusarannya menyerupai lubang hitam.

6 dari 8 halaman

5. Ini potret solar flare atau semburan matahari. Solar Dynamics Observatory merilis gambar dari matahari ini, 12 Januari 2015. Terlihat kilatan tiba-tiba dari peningkatan cahaya pada Matahari yang disebabkan oleh semburan radiasi yang kuat.

7 dari 8 halaman

6. Seperti ini penampakan Bumi dari permukaan Bulan yang mencolok dan ditandai dengan kawah. Foto ini diambil oleh astronot Apollo 8 Bill Anders, 24 Desember 1968.

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading