Sukses

Pertumbuhan Ekonomi China Melambat, Negara di Asia Perlu Menyesuaikan Diri

Ekonomi Asia perlu fokus pada penopangan perekonomian domestik karena perlambatan China sepertinya akan bertahan, kata Kepala Ekonom dan Kepala Penelitian di Bank Australia ANZ, Richard Yetsenga.

Liputan6.com, China - Ekonomi Asia perlu fokus pada penopangan perekonomian domestik karena perlambatan China sepertinya akan bertahan, kata Kepala Ekonom dan Kepala Penelitian di Bank Australia ANZ, Richard Yetsenga.

"Untuk kawasan, ini memang tentang memiliki model bisnis yang sesuai dengan dunia di mana China tumbuh jauh lebih cepat, dan di mana perdagangan kurang mudah daripada dukungan pertumbuhan. Hal itu berarti meningkatkan permintaan domestik, dan mendapatkan sistem keuangan domestik yang benar," kata Yetsenga, dikutip dari CNBC, Jumat (13/12/2019).

Sepuluh tahun yang lalu, China memulai penyesuaian struktural ketika ekonominya tumbuh 12%, katanya. Setelahnya, ia mencatat bahwa ia tidak pernah kembali ke tingkat pertumbuhan itu.

“Saya pikir kita semua harus menerima bahwa China melambat secara struktural – kita menggunakan kata ‘struktural’ dan sungguh, maksud kami adalah ‘secara permanen," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan Domestik Terhambat

"Harapan saya, kami segera mengucapkan selamat tinggal kepada pertumbuhan 6%, sangat tidak semestinya bagi kami untuk kembali ke pertumbuhan 6%. Saya pikir ini adalah perlambatan permanen di Tiongkok," kata Yetsenga.

Menurut Yetsenga, permintaan domestik tetap terhambat karena pelonggaran moneter bank sentral tidak dapat mengalir kembali ke ekonomi dan merangsang pengeluaran.

"Permintaan domestik masih terlihat sangat kacau oleh proses transmisi moneter yang sudah terlihat cukup baik.” katanya.

Ekonomi terbesar kedua di dunia tumbuh sebesar 6% pada kuartal ketiga 2019 dari tahun sebelumnya – itu adalah pertumbuhan ekonomi paling lambat sekitar 27 tahun.

3 dari 3 halaman

Transmisi Moneter di Asia

Bisnis di negara-negara Asia lainnya perlu beradaptasi dengan lingkungan di mana China tumbuh lebih cepat dan perdagangan lebih sulit, kata Yetsenga menjelaskan.

Jadi mereka mungkin harus melihat ke arah ekonomi domestik mereka untuk pertumbuhan, katanya.

Jika perdagangan membaik tahun depan, itu kabar baik bagi ekonomi Asia.

Masalahnya adalah sistem keuangan di beberapa negara belum mampu memberikan pertumbuhan domestik - dan itu "mungkin masalah utama Asia untuk tahun 2020," jelas Yetsenga.

Situasi ini paling lazim di China, India, Indonesia, dan Filipina, tambahnya.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.