Sukses

Jumlah Perawan Meningkat di Jepang, Apa Upaya Pemerintah Shinzo Abe?

Menurunnya hasrat kaum muda berhubungan seksual menjadi tantangan demografis bagi Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunnya hasrat kaum muda berhubungan seksual menjadi tantangan demografis bagi Jepang. Negeri Matahari Terbit itu kini menjadi rumah bagi populasi tertua di dunia dan memiliki angka kelahiran menyusut dan jumlah perawan yang mencengangkan.

Meskipun ada upaya pemerintah untuk mendorong pernikahan dan membesarkan anak, namun banyak hal tidak menjadi tren ke arah yang benar. Jepang mengalami resesi seks.

Menurut Japan Times, survei terhadap orang Jepang berusia 18 hingga 34 tahun menemukan bahwa 70 persen pria yang belum menikah dan 60 persen wanita yang belum menikah tidak memiliki hubungan. Parahnya, sekitar 42 persen pria dan 44,2 persen wanita mengakui mereka adalah perawan.

Penelitian ini dilakukan Lembaga Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial Nasional Jepang setiap lima tahun. Organisasi tersebut telah mencatat tren yang nyata sejak perebutan pertama tentang masalah hubungan dan jenis kelamin pada 1987, ketika menemukan bahwa 48,6 persen pria dan 39,5 persen wanita yang disurvei belum menikah.

Pada 2010, 36,2 persen pria dan 38,7 persen wanita di kelompok usia 18-34 tahun mengatakan mereka perawan. Jumlah anak di antara pasangan yang telah menikah antara 15 dan 19 tahun rata-rata mencapai rekor terendah pada 2016.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah

Pemerintah Jepang di bawah Perdana Menteri Shinzo Abe ingin menaikkan tingkat kesuburan negara dari 1,4 menjadi 1,8 pada 2025. Pemerintah Jepang menawarkan layanan pengasuhan anak dan insentif pajak yang lebih baik untuk pasangan yang sudah menikah, meskipun program seperti itu belum menghasilkan secara statistik.

Sebagian besar orang yang disurvei mengatakan mereka ingin menikah. Tapi tidak jelas kapan.

"Mereka ingin mengikatnya pada akhirnya. Tetapi mereka cenderung menundanya karena mereka memiliki kesenjangan antara cita-cita mereka dan kenyataan," Futoshi Ishii, kepala peneliti untuk penelitian ini, mengatakan kepada Japan Times, dikutip pada Selasa (5/11/2019).

"Itulah sebabnya orang menikah kemudian atau tetap melajang seumur hidup, berkontribusi pada rendahnya tingkat kelahiran bangsa."

 

3 dari 3 halaman

Apatis Seksual

Ini tidak unik di Jepang. Di berbagai belahan dunia maju, ketidakpastian ekonomi membentuk kembali cara kaum milenial dan anak muda lainnya memahami kehidupan seks dan pilihan perkawinan mereka.

Tapi ini terutama terjadi di negara Asia, di mana para ahli dan pejabat pemerintah telah menghabiskan bagian yang lebih baik dari satu dekade mengkhawatirkan penurunan populasi negara itu dan, seperti yang pernah dikatakan WorldViews, "apatis seksual."

Sebuah industri yang berkembang pesat mengelilingi kondisi kesepian Jepang yang sedang tumbuh, sebuah fenomena yang sekaligus sangat khusus bagi Jepang, namun juga sekilas ke masa depan di mana banyak orang menjalani kehidupan yang teratomisasi yang dimediasi secara eksklusif melalui teknologi pribadi.

Ada satu indikator yang jelas positif dalam survei ini: Untuk pertama kalinya, proporsi perempuan yang kembali bekerja setelah melahirkan anak pertama mereka di masyarakat patriarki Jepang yang dulu terkenal, melebihi 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.