Sukses

Kafe ini Beri Makanan Gratis ke Pelanggan yang Menukarkan Sampah Plastik

Di India terdapat sebuah kafe yang menerima penukaran sampah plastik untuk pelanggan mendapatkan makanan secara gratis.

Liputan6.com, India - Menteri Kesehatan Chhattisgarh, T. S. Singh Deo meresmikan 'Kafe Sampah' atau Garbage Cafe di Ambikapur pada Rabu, 9 Oktober. Uniknya, kafe ini akan menyediakan makanan gratis bagi pelanggan yang menukarkan limbah plastik.

Kafe yang terletak di kota terbersih di India ini, akan memberikan dorongan kepada tekad India yaitu 'bebas plastik' dari Perdana Menteri Narendra Modi.

"Saya sangat bangga dengan ide dan inisiatif unik ini. Seluruh negara mengambil beberapa langkah dan langkah untuk mencegah penggunaan plastik sekali pakai pada perayaan kelahiran Mahatma Gandhi yang ke-150," ujar Singh Deo.

Ia juga mengatakan, bahwa ide kafe yang sangat baik ini juga mendapatkan dukungan di tingkat mancanegara. "Inisiatif ini telah mencapai dukungan di tingkat nasional dan internasional," ujarnya seperti mengutip dari India Today, Kamis (10/10/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Gratis Sekaligus Jaga Lingkungan

Konsep kafe ini yaitu, orang-orang dapat menimbang sampah plastik mereka dan akan menikmati makanan hangat sebagai imbalannya.

"Ketika saya tahu tentang kafe ini, saya mulai mengumpulkan dan menyimpan sampah plastik dari rumah saya. Ini adalah inisiatif yang bagus untuk membuat warga sadar dalam menjaga kota bebas dari plastik," ujar seorang warga.

Warga tersebut menyebutkan, melalui kafe ini orang akan mendapatkan dua manfaat. "Pertama, kita bisa menjaga lingkungan kita tetap bersih dan kedua, kita bisa mendapatkan makanan lezat," ucapnya.

Tidak hanya itu saja, kafe ini juga mempunyai tagline yaitu, 'Semakin banyak sampah, semakin enak rasanya --makanan kafe'.

3 dari 3 halaman

Mencegah Penggunaan Sampah Plastik

"Saya membawa setengah kilogram sampah plastik dan mendapatkan makanan lezat di sini. Saya pikir ini adalah langkah besar yang diambil oleh AMC. Kualitas makanannya juga sangat memuaskan," kata warga lainnya.

Menurut staf kafe, banyak warga telah memberikan dukungan mereka dan memuji inisiatif yang diambil oleh AMC. Sampah plastik yang dikumpulkan oleh orang-orang yang datang ke kafe akan dikirim ke City Corporation untuk dibuang.

"AMC telah menjadi berita utama berkali-kali dalam lima tahun terakhir di seluruh negeri, untuk langkah-langkah yang diambil untuk menjaga kota tetap bersih."

"Sekarang, dalam upaya untuk menjaga kota bebas dari plastik, kami telah meresmikan Kafe Sampah tempat kami menyediakan makanan di pertukaran untuk sampah plastik. Kami telah mengambil inisiatif ini untuk mencegah penggunaan plastik dan akan mempromosikan kafe ini untuk menarik lebih banyak warga," ucap Wali Kota Dr Ajay Tirkey.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.