Sukses

Punya Kemampuan Super, 4 Hewan Ini Ternyata Bisa Melihat dalam Kegelapan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kegelapan, manusia sulit melihat. Bisa, namun sedikit apabila ada sejumlah bantuan cahaya. Namun, ada makhluk hidup yang bisa melihat dalam gelap.

Makhluk hidup tersebut adalah hewan. Sejumlah hewan ini mampu melihat meski suasana sangat gelap dan bahkan tidak ada bantuan cahaya.

Lewat kemampuan ini, mereka bisa memangsa hewan lain dan bertahan hidup. Kebanyakan dari mereka memangsa pada malam hari.

Di saat hewan yang akan dimangsa sedang tidur atau tidak memiliki kemampuan melihat dalam gelap sehingga tidak bisa melakukan antisipasi.

Seperti dikutip dari laman sciencing.com, berikut sejumlah hewan yang memiliki kemampuan melihat dalam gelap:

2 dari 5 halaman

1. Mamalia Bermata Besar

Beberapa mamalia, seperti musang memiliki mata yang luar biasa besar untuk membantu mereka melihat lebih baik di malam hari.

Mereka tidur di siang hari dan memiliki jari-jari lincah untuk membantu mereka memanjat dan mengambil binatang kecil, buah-buahan, serangga dan, seringkali, menggali tumpukan sampah.

Hewan serupa termasuk monyet dan opossum, yang bisa melihat dengan baik di malam hari tetapi tidak bisa melihat warna.

 

3 dari 5 halaman

2. Karnivora

Rubah merah senang berburu sendiri. Mereka memakan buah-buahan dan kacang-kacangan, serta hewan kecil yang aktif di malam hari seperti tikus dan katak. Mereka juga memakan burung yang tidak bisa melihat dengan baik dalam gelap sehingga lebih sulit untuk terbang.

Kucing besar seperti macan tutul salju yang hidup di Asia Tengah juga memiliki penglihatan malam yang baik. Mereka berburu binatang yang lebih besar seperti domba saat senja atau subuh.

4 dari 5 halaman

3. Ular dan Sotong

Sotong, sejenis cumi juga memiliki mata yang sama fungsinya dengan mata manusia normal.

Mereka bahkan memiliki kelopak mata yang dapat menutup dan membuka, tergantung pada intensitas cahaya.

Mereka kerap bersembunyi di siang hari dan berburu kepiting dan hewan lain pada malam hari.

Ular jenis beludak, juga lebih suka berburu di malam hari. Pit viper menggunakan mata mereka serta lubang yang ditemukan di dekat lubang hidung mereka untuk mendeteksi panas.

5 dari 5 halaman

4. Burung Hantu

Hewan yang satu ini tidak akan membuat kita terheran-heran. Sebab, burung ini kerap digambarkan sebagai hewan yang selalu tinggal dalam kondisi yang menyeramkan.

Burung hantu akan mencari mangsa pada malam hari. Biasanya ia makan serangga atau tikus kecil. Mata dari burung hantu sangat besar dan ia memiliki kemampuan untuk melihat dalam gelap.

Tak hanya memiliki kemampuan melihat dalam gelap, salah satu kehebatan dari burung ini yaitu bisa memutarkan kepalanya hingga lebih dari 180 derajat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Keluarga di AS Kucurkan Rp 1.000 Triliun Demi Hewan Peliharaan
Artikel Selanjutnya
Festival Gadhimai, Pengorbanan Hewan Terbanyak Dunia Berlangsung di Nepal