Sukses

Gajah hingga Paus, 5 Hewan dengan Durasi Kehamilan Terlama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hewan ini menempati posisi teratas dalam kategori binatang yang mengandung dalam durasi waktu yang cukup lama.

Durasi kehamilan hewan ini bahkan ada yang melewati kurun waktu selama satu tahun. Manusia saja hanya mengandung sekitar sembilan bulan.

Tak heran jika sejumlah hewan yang masuk dalam daftar ini juga tercatat sebagai hewan yang dilindungi bahkan terancam punah.

Seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Selasa (20/8/2019), berikut 5 hewan yang memiliki durasi kehamilan paling lama:

2 dari 6 halaman

1. Gajah

Gajah betina mengandung bayi dengan durasi cukup lama. Rata-rata, seekor gajah akan mengandung selama 95 minggu.

Masa kehamilan yang dialami oleh gajah memiliki dua kali lipat dari masa kehamilan manusia. Jadi tidak mengejutkan apabila seekor gajah rata-rata hanya mengandung empat anak saja semasa hidupnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Kuda Nil

Hewan yang satu ini punya kebiasaan unik yaitu tiduran di kubangan lumpur dan air. Hewan bertubuh besar ini ternyata juga memiliki durasi kehamilan yang cukup lama.

Seekor kuda nil betina akan mengandung selama kurang lebih delapan bulan. Jangka waktu ini tak berbeda jauh dengan manusia yang masa hamilnya sembilan bulan.

4 dari 6 halaman

3. Jerapah

Bayi jerapah dapat memiliki berat lebih dari 150 pon dan memiliki tinggi sekitar sekitar 1,8 meter saat baru lahir.

Yang menarik: jerapah melahirkan dengan posisi berdiri, bayi jerapah akan jatuh dari ketinggian, sebab tubuh sang induk yang amat tinggi.

Jerapah akan melahirkan pada saat kandungan berusia 14-15 bulan.

5 dari 6 halaman

4. Paus Pembunuh

Paus pembunuh hidup berkelompok, dengan anggota sebanyak 2 hingga 15 ekor. Lamanya masa mengandung induk paus pembunuh adalah 15 hingga 18 bulan.

Paus pembunuh tidak memiliki musim hamil tertentu, sehingga kelahiran bisa kapan saja terjadi.

6 dari 6 halaman

5. Kalajengking

Kalajengking termasuk kelompok arachnida. Tapi tidak seperti kerabatnya laba-laba yang bertelur, kalajengking melahirkan langsung anaknya.

Masa kehamilan kalajengking bervariasi tergantung jenis spesiesnya. Kalajengking Kaisar memiliki masa hamil selama tujuh sampai sembilan bulan, sedangkan kalajengking Afrika berjenis Opisthacanthus asper masa kehamilannya selama 18 bulan.

Setelah sang induk melahirkan anak-anaknya, mereka akan langsung memanjat punggung sang induk dan memaksa sang induk menggendongnya hingga tumbuh besar.

Loading
Artikel Selanjutnya
WWF: Kebakaran Hutan Ancam Habitat Satwa Dilindungi
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati Bila Melihat Penampakan 5 Hewan Laut Ini di Pantai