Sukses

Viral, Video Sipir dan Napi di Arab Saudi Joget Bareng dalam Perayaan Idul Fitri

Video sipir dan napi di sebuah penjara Arab Saudi yang berjoget bersama, viral di dunia maya serta menarik komentar dari berbagai warganet.

Liputan6.com, Riyadh - Sebuah rekaman visual yang menampilkan sipir dan napi di sebuah penjara Arab Saudi yang berjoget bersama, viral di Twitter dan situs berbagi video populer serta menarik komentar dari berbagai warganet.

Peristiwa unik itu memberikan kesan tersendiri di tengah reputasi terkenal dari fasilitas penahanan kerajaan Negeri Petrodollar, demikian seperti dikutip dari the New Arab, Jumat (14/6/2019).

Rekaman menunjukkan sipir penjara Arab Saudi yang berseragam hijau menari arada tradisional dengan napi yang mengenakan seragam serupa gamis berwarna biru di sebuah penjara Saudi, pada hari pertama Idul Fitri 2019.

Video itu juga menunjukkan makanan dan karpet yang ditata untuk perayaan hari raya yang hangat di penjara Arab Saudi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak videonya di bawah ini:

3 dari 4 halaman

Menyajikan Kegembiraan bagi Para Napi

Berbagai situs web lokal di Arab Saudi mengatakan, perhelatan itu adalah bagian dari upaya Direktorat Penjara Umum Saudi untuk "membawa kebahagiaan dan kegembiraan bagi para tahanan."

Perhelatan juga ditujukan untuk "merehabilitasi dan mereformasi mereka, sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif setelah menyelesaikan hukuman."

Kondisi di Penjara Saudi

Nasib tahanan dan narapidana asing di Arab Saudi umumnya dianggap jauh lebih sulit ketimbang napi lokal.

Sementara tahanan politik secara efektif telah dihilangkan oleh pihak berwenang, the New Arab melaporkan.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB juga mengatakan bahwa penyiksaan sering terjadi di Arab Saudi, dengan "undang-undang kontra-terorisme" yang sangat luas dan tidak dapat diterima digunakan untuk meringkus pembela hak asasi manusia, jurnalis, aktivis, dan cendekiawan agama.

Aktivis hak-hak perempuan Saudi telah mengalami "penderitaan fisik yang mengerikan" di penjara, menurut Amnesty International.

4 dari 4 halaman

Raja dan Putra Mahkota Saudi Salat Id di Masjidil Haram

Arab Saudi merayakan 1 Syawal 1440 H atau hari pertama Idul Fitri 2019 jatuh pada Selasa, 4 Juni 2019.

Mahkamah Agung Saudi menetapkan tanggal Idul Fitri 2019 setelah laporan beredar luas bahwa bulan baru telah terlihat di wilayah mereka.

Pada hari yang sama, Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjidil Haram, Mekah, Saudi Gazette melaporkan via Twitter, dikutip pada Selasa (4/6/2019).

Pada kesempatan Idul Fitri 2019, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini