Sukses

Dinosaurus Bangun Piramida Mesir... Ini 5 Teori Konspirasi Konyol yang Bikin Geger

Liputan6.com, Jakarta - Sejak internet kian mudah dijangkau oleh khalayak, berbagai informasi mengalir deras hampir tanpa filterisasi. Tidak hanya pengetahuan yang mendidik, dunia maya juga kerap menjadi medium penyebaran kabar-kabar tidak pasti yang mengundang perhatian luas.

Bukan hoaks, kabar-kabar yang belum diketahui kebenarannya ini seringkali berdasar pada sebuah peristiwa monumental, seperti misalnya tentang penembakan mendiang Presiden Amerika Serikat John F Kennedy, teka-teki kelompok rahasia Illuminati, atau yang paling terkini tentang tudingan penyanyi Rihanna sebagai jelmaan iblis.

Banyak orang kemudian merangkum aneka "bahan pergunjingan" ini sebagai teori konspirasi, yang membuka peluang argumen dari berbagai sudut pandang.

Internet memainkan peranan penting dalam penyebaran teori konspirasi, yang menarik berbagai pendapat dari seluruh dunia. Ada yang skeptis, dan ada pula yang berusaha menggali latar belakang informasi terkait.

Uniknya, beberapa dari teori konspirasi ini menyeruak sebagai kisah konyol yang membuat banyak tergelitik, karena dinilai tidak masuk akal, atau bahkan terlampui imajinatif.

Berikut adalah lima teori konspirasi paling konyol yang pernah menggegerkan dunia maya, sebagaimana dikutip dari Shortlist.com pada Sabtu (20/3/2019).

 

Simak video pilihan berikut: 

 

2 dari 6 halaman

1. Saddam Hussein Memiliki Pintu Penghubung Bumi dan Antariksa

Ketika Perang Teluk kedua berkecamuk, muncul teori bahwa Amerika Serikat (AS) da Sekutu sengaja menyerang untuk mengungkap rahasia stargate, atau pintu penghubung Bumi dan antariksa, yang dimiliki oleh mendiang pemimpin Irak, Saddam Hussein.

Stargate tersebut dituding sebagai upaya Saddam Hussein untuk mengundang alien ke Bumi, guna melanggengkan ambisi Orde Dunia Baru.

Teori itu tidak bisa dibuktikan hingga saat ini, namun justru kemudian mendorong muncul teori baru yang menyudutkan AS, bahwa Negeri Paman Sam mengincar posisi strategis Irak dalam peta perdagangan minyak global, dan sengaja menjadikan Saddam Hussein sebagai kambing hitam.

Kedua teori tersebut kini sama-sama tenggelam dalam keriuhan dunia maya.

3 dari 6 halaman

2. Barack Obama Bisa Mengontrol Cuaca

Suatu ketika dalam sebuah pidato umum, mantan presiden AS ke-44, Barack Obama, pernah berseru: "Itu, lihatlah! Lintasan awan dapat membuat (negara bagian Wyoming) menjadi sedikit berkabut."

Selama kedua masa jabatannya, presiden kulit hitam pertama di AS itu dituduh beberapa kali sengaja memanipulasi cuaca, untuk mengalihkan perhatian dari Gedung Putih ketika terjadi skandal.

Pada Mei 2013, setelah tornado besar melanda kota Moore, negara bagian Oklahoma dan menewaskan 24 orang, penyiar radio berhaluan sayap kanan menduga bahwa Angkatan Udara AS (USAF), telah menyebabkan bencana angin merusak dengan sengaja mengalihkan perhatian dari serangkaian kontroversi pemerintah kala itu.

Siapa yang menduga, siaran tersebut memantik spekulasi meluas di internet, yang menuding bahwa Obama memiliki warisan "ilmu hitam" untuk memnbuatnya terus terlihat kharismatik.

Hingga kini, tidak ada satupun tudingan tersebbut mampu dibuktikan.

 

4 dari 6 halaman

3. Adolf Hitler Masih Hidup

Kehadiran internet tidak hanya menghasilkan teori konspirasi baru, tetapi juga mempercepat teori serupa yang lebih dulu eksis.

"Hitler masih hidup" adalah desas-desus yang telah beredar sejak dekade 1970-an, di mana dipicu oleh fakta bahwa salah seorang kroninya, Josef Mengele, ditemukan bersembunyi di Amerika Selatan.

Cerita seperti ini, bagaimanapun, berspekulasi bahwa Hitler yang berusia 125 tahun telah bertanggung jawab atas berbagai bencana dunia, termasuk Serangan 11 September dan tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Hal yang terakhir disebut terjadi bertepatan dengan hari ulang tahunnya, yang jatuh pada setiap 20 April.

Teori-teori lain mengatakan Hitler meninggal pada 1984 di Brasil, pada usia 94. Ada juga spekulasi yang menyebut mantan pemimpin Nazi itu tewas di Argentina pada usia 73 tahun.

5 dari 6 halaman

4. Bulan Tidak Pernah Ada

Para penganut teori ini meyakini bahwa Bulan yang kita lihat setiap malam adalah sebuah hologram. Mereka menuding segelintir orang sengaja menembakkan sinar pemantul hologram untuk membuatnya seolah-olah nyata.

Bulan disebut tidak benar-benar eksis karena telah dijajah oleh ekspedisi AS dan Rusia pada era Perang Dingin, yang membuat pancaran sinarnya kian meredup, dan perlu digantikan oleh teknologi imitasi.

 

6 dari 6 halaman

5. Dinosaurus Membantu Pembangunan Piramida Mesir

Pastor Vince Fenech asal Malta pernah menghebohkan warganet Eropa ketika mengatakan bahwa dinosaurus membantu pembangunan piramida Mesir.

"Tentu saja 'dinoceros' ada," katanya kepada MaltaToday pada 2007. "Itu disebutkan dalam Kitab Ayub. Mereka digunakan untuk membantu membangun piramida ... "

Fenech sendiri adalah direktur Akademi Kristen Akselerasi di kota Mosta, Malta, hingga penutupannya pada Juli 2012 karena kekurangan siswa.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Motor Ini Berjalan Sendiri ke Rumah Warga
Artikel Selanjutnya
5 Kisah Orang Terjerat Hukum Gara-Gara Bersin