Sukses

Bermodal Lipstik, Ini 4 Tips Sukses Bisnis ala Miliarder Termuda Kylie Jenner

Liputan6.com, Jakarta - Kylie Jenner dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia versi majalah Forbes. Dara berusia 21 tahun ini sukses meniti kariernya dengan membuka bisnis di bidang kosmetik dan kecantikan: Kylie Cosmetics.

Sejak dirilis untuk pertama kali pada 2015, bisnis adik Kim Kardashian ini menuai banyak kesuksesan. Pada 2018, keuntungan bisnis kosmetik Kylie Jenner tercatat naik 9%, yakni mencapai angka US$ 360 juta dengan keseluruhan nilai brand setara US$ 900 juta.

Di satu sisi, kekasih Travis Scott ini juga menjual produk yang dipasarkan dengan cerdas, yaitu menyertakan pula nama klan Kardashian di samping Kylie. Kedua merek ini sering terjual habis di toko-toko kecantikan daring.

Seed Beauty, perusahaan yang memproduksi Kylie Cosmetics di California, mengaku saham perusahaan naik dengan pesat. "Kami berjualan selama 24 jam 7 hari untuk memenuhi permintaan pasar yang membludak," kata Laura Nelson, salah satu pendiri Seed Beauty, yang dikutip dari situs Inquisitr.com pada Rabu (6/3/2019).

Lalu, pelajaran apa yang bisa diambil dari Kylie Jenner pada sisi bisnis? Berikut 4 tips yang dapat dipetik dari cara wirausaha muda ini dalam menjalankan usahanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Fokus

Kylie masih berumur 9 tahun ketika reality show "Keeping Up with the Kardashians" diluncurkan. Ketika publik melihatnya tumbuh dewasa dan menyadari ada sesuatu yang berbeda di wajah Kylie, saudara Kendall Jenner ini pun diprotes. Dia memiliki bibir tipis, tak setebal saudara-saudara perempuannya.

Kemudian pada tahun 2014, dia tiba-tiba memulai debutnya, yakni melakukan filler pada bibir. Kylie saat itu membantah bahwa ia melakukan operasi plastik, tetapi pada 2015, ia akhirnya mengaku bahwa filler dilakukan selama berbulan-bulan.

Sekarang, karena terobsesi pada bentuk bibir, Kylie mengungkapkan di Daily Record Inggris bahwa dia tidak dapat bepergian tanpa mengoleskan lipstik atau dia akan mengalami serangan kecemasan.

"Aku tidak bisa keluar rumah tanpa memakai lipstik. Semua orang sangat tertarik dengan warna lipstik yang saya kenakan. Tapi tidak ada yang sempurna bagi saya. Saya hanya berpikir, mengapa tidak membuat kit bibir sendiri dengan lip liner dan lipstik?"

3 dari 5 halaman

2. Mengurus Sendiri

Berlawanan dengan apa yang dipikirkan orang lain, Kylie benar-benar siap dalam menjalankan bisnisnya. Dia mungkin baru berusia 19 tahun saat pertama membuat Kylie Cosmetics, tetapi dia sudah berpikir seperti kebanyakan pemilik bisnis yang sukses.

"Saya bangun dan segera memeriksa pesanan apa yang datang, apa yang dijual paling banyak," Kylie berbagi dengan Fast Company. "Pabrikan saya membawakan saya produk sendiri setiap hari. Saya punya tempat di rumah saya, ruang kreatif saya."

4 dari 5 halaman

3. Tahu Kebutuhan Pasar

Kit bibir Kylie pernah dituduh sebagai versi mahal dari ColourPop, merek riasan lain yang juga diproduksi di Spatz Laboratories, lab yang sama tempat produk Kylie dibuat.

Menurut forum media sosial seperti Reddit, kedua produk memiliki formulasi dan bahan yang identik. Namun, vlogger kecantikan terkenal, Stephanie Nicole, membantah klaim formulasi serupa untuk lipstik cair keduanya, pada salah satu ulasannya tentang produk Kylie Jenner.

Kit bibir Kylie pernah dituduh sebagai versi mahal dari ColourPop, merek riasan lain yang juga diproduksi di Spatz Laboratories, lab yang sama tempat produk Kylie dibuat.

Menurut forum media sosial seperti Reddit, kedua produk memiliki formulasi dan bahan yang identik. Namun, vlogger kecantikan terkenal, Stephanie Nicole, membantah klaim formulasi serupa untuk lipstik cair keduanya, pada salah satu ulasannya tentang produk Kylie Jenner.

"Masing-masing merek berbeda dari sisi pemanfaatkan sumber daya dan infrastruktur," kata pendiri Seed Beauty, John Nelson, menjelaskan bahwa tim ColourPop bahkan berada di gedung yang berbeda dari Kylie Cosmetics. "Semua orang membuat formula dan produk eksklusif mereka sendiri."

Di pihak Kylie Jenner, dia menginginkan aroma lipstik yang berbau manis. Dia juga tahu kebutuhan pasar.

"Biasanya, ketika perempuan menggunakan lipstik, mereka menggunakan lip liner terlebih dahulu, barulah lipstik. Jadi saya menciptakan pasangan yang sempurna, karena itulah yang selalu saya inginkan," papar Kylie.

5 dari 5 halaman

4. Aktif di Sosial Media

Kylie Jenner memiliki 96,3 juta pengikut di Instagram. Minimal sepuluh persen dari mereka mungkin akan menjadi pelanggan potensial Kylie Cosmetics.

Kylie juga mengungkapkan memiliki asisten yang membantunya mengurus posting-an di seluruh media sosialnya, tetapi pada akhirnya, dia masih memiliki keputusan akhir.

Dia mengatakan bahwa ketika unggahan tidak mencerminkan mereknya, maka dia akan menghapus gambar atau video tersebut. Ini sebenarnya salah satu dasar dalam memasarkan suatu produk: konsistensi.

  • Kylie Jenner adalah adik paling terakhir dari keluarga Kardashian dan saat ini ia menjadi salah satu karakter dalam acara televisi.
    Kylie Jenner adalah adik paling terakhir dari keluarga Kardashian dan saat ini ia menjadi salah satu karakter dalam acara televisi.
    Kylie Jenner
  • bisnis
Loading
Artikel Selanjutnya
Kylie Jenner Jadi Miliarder Paling Muda di Dunia
Artikel Selanjutnya
Juragan Durian Siapkan Rp 4,4 Miliar dan Rumah bagi Calon Menantu