Sukses

Pejuang Hamas Palestina Inginkan Bantuan Dana dalam Bentuk Bitcoin

Pertama kalinya, salah satu kelompok pejuang di Palestina, Hamas, meminta donasi dalam bentuk bitcoin. Kenapa?

Liputan6.com, Ramallah - Hamas, salah satu kelompok bersenjata yang berjuang untuk Palestina, tengah menghadapi kesulitan finansial. Pejuang yang telah tiga kali berperang dengan Israel tersebut meminta dukungan dalam bentuk bitcoin.

Hal itu disampaikan oleh Abu Obeida, juru bicara Ezzedine al-Qassam Brigades. Ia mengirim pesan yang meminta bantuan berupa mata uang virtual, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (31/1/2019).

 

Donasi bitcoin dibutuhkan oleh Hamas karena mereka tengah mendapatkan sanksi internasional. Dampaknya, sejumlah bank tidak ingin berurusan dengan organisasi tersebut. Israel dituduh sebagai phihak yang memotong akses keuangan ini.

Dalam kesempatan itu Obeida tidak menjelaskan mekanisme transaksi daring yang dapat dilakukan oleh para calon donatur bitcoin.

Ini adalah pertama kalinya, pasukan Hamas meminta bantuan finansial secara digital.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bitcoin dan Kontroversinya

Bitcoin adalah uang virtual yang populer baru-baru ini, dan disebut sebagai mata uang kripto (cryptocurrency).

Transaksi bitcoin dapat dilakukan secara anonim, di mana identitass pengirim tidak akan diketahui. Selain itu, alat tukar digital jenis ini tidak diawasi oleh pemerintah dan bank sentral.

Sebetulnya ada uang virtual lain, misalnya upbit yang diperkenalkan oleh Korea Selatan.

Meskipun demikian bitcoin menjadi uang kripto paling terkenal karena telah lebih dahulu dikenal konsumen dan mendapatkan eksposur dari media. Itu pula yang menyebabkan harga bitcoin menjadi lebih tinggi dibandingkan produk sejenisnya.

Bitcoin sendiri pernah mendatangkan kontroversi. Uang produk dunia digital itu dianggap mendukung keberadaan situs bawah tanah dan transaksi senjata serta obat terlarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.