Sukses

Kentang hingga Kotoran, 6 Benda yang Ternyata Bisa Dikirim Via Pos

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, perkembangan teknologi kian pesat dan makin canggih. Manusia sudah tidak lagi repot berkirim pesan karena telah menjamur berbagai jenis aplikasi untuk berkomunikasi.

Selain itu, sebagian besar orang di dunia telah menggenggam ponsel pintar. Hanya dengan sekali sentuh, pesan yang ingin disampaikan sudah tersampaikan ke penerima. Pun tak memerlukan waktu lama sampai berhari-hari.

Aplikasi seperti Skype, Messenger, Snapchat dan lainnya menyediakan fitur terkini agar penggunanya bisa leluasa mengirim dan menerima pesan. Kendati demikian, masih ada sejumlah orang yang bertukar pesan dengan cara kuno: surat yang dikirim via pos atau kurir barang.

Selain surat, kebanyakan orang yang memanfaatkan kedua jasa tersebut adalah mereka yang mengirimkan dokumen, paket barang, hingga sepeda dan motor.

Namun tahukah Anda bahwa di Amerika Serikat ada sejumlah barang aneh yang bisa dikirim melalui surat? Dikutip dari Top Tenz, Kamis (5/7/2018), berikut ini 6 di antaranya:

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 7 halaman

1. Kentang

Sebuah situs web secara khusus menyediakan jasa pengiriman kentang dengan surat. Situs bernama Mailaspud.com itu akan mengirim kentang kepada orang yang Anda tuju, meskipun mereka tidak merekomendasikan penerima untuk memakan kentang tersebut.

Sebab, kentang itu nantinya diubah menjadi semacam kartu ucapan. Mail A Spud akan mencetak pesan yang ingin Anda kirim di atas permukaan kentang, mengemasnya dan mengirimnya ke alamat tujuan. Selain kata-kata, Anda juga bisa menempelkan perangko di kentang.

Benar-benar terlihat seperti surat, hanya saja medianya berbeda.

Mailaspud hanyalah satu dari sejumlah layanan pos kentang yang beroperasi secara legal. Layanan serupa lainnya seperti Anonymous Potato, Mystery Potato, Potato In The Post (hanya di Inggris) dan Potato Parcel.

Selain kentang, benda lain yang berhasil dikirim menggunakan surat adalah kelapa dan jeruk nipis. United States Postal Service (USPS) mengatakan, buah-buahan dan sayuran segar adalah barang-barang internasional yang dilarang, tetapi tampaknya pengiriman sayur di AS bukanlah sebuah masalah.

3 dari 7 halaman

2. Salju

Jika Anda mempunyai sanak saudara, keluarga, atau teman yang kini tinggal di negara empat musim -- terutama Amerika Serikat -- mintalah mereka untuk mengirimkan salju kepada Anda apabila musim dingin tiba.

Mereka bisa menggunakan jasa dari Ship Snow Yo yang berbasis di Boston. Layanan ini, sesuai namanya, siap mengantarkan salju asli ke mana pun di AS.

Mulanya, salju dimasukkan ke dalam styrofoam dan diantar memakai FedEx Express. Biasanya, salju yang didapatkan berasal dari daerah-daerah bersuhu ekstrem, seperti Vermont, Colorado dan Massachusetts.

4 dari 7 halaman

3. Lebah Hidup

Benda aneh ketiga yang bisa dikirim pakai surat adalah lebah hidup. Siapa sangka ternyata ada jasa yang menyediakan layanan pengiriman hewan penyengat tersebut.

Adalah beesource.com yang menjadi dalang di balik itu semua. Namun, tidak semua jenis lebah bisa dikirim via surat. USPS mengatakan, hanya lebah madu dan ratunya yang memenuhi syarat pengiriman.

Semua lebah yang dikirim harus bebas dari penyakit, dan sang ratu diperbolehkan untuk dikirim melalui transportasi udara. Lebah juga harus dikemas dengan aman dan disimpan pada suhu antara 40 derajat dan 100 derajat Fahrenheit.

Jangan lupa menuliskan "Lebah Madu Hidup" di bagian luar kemasan.

5 dari 7 halaman

4. Anak Kecil

Ketika Kantor Pos memperkenalkan Paket Pos (Parcel Post) pada hari pertama peluncuran di tahun 1913, penduduk di daerah terpencil tiba-tiba memiliki akses ke hal-hal yang sebelumnya tidak mereka punya -- dan mereka menjadi sedikit gila.

Jess dan Mathilda Beagle mengkisahkan bahwa mereka pernah mengirimkan anak laki-lakinya, James, yang masih berusia 8 bulan. James dikirim ke neneknya yang rumahnya berjarak ratusan mil dari kediaman kedua pasangan ini.

Kala itu, James kecil berbobot kurang dari 11 pound (batas berat maksimal untuk Paket Pos). Biaya pengiriman yang digelontorkan hanya 15 sen dan mereka mengasuransikan James 50 sen.

Petualangan bayi James via surat diikuti oleh orangtua lainnya. Meski tidak secara teknis dinyatakan legal, tetapi petugas pos di daerah terpencil membiarkan kegiatan semacam ini, sehingga anak-anak bisa mengunjungi anggota keluarga mereka dengan mudah.

6 dari 7 halaman

5. Trypophobia

Setiap orang yang hidup di Bumi pastinya tak ingin memiliki musuh. Namun, layanan bernama Ship Your Enemies Trypophobia ini benar-benar mengherankan.

Mereka akan mengirimkan lima foto bertema trypophobic kepada orang yang Anda benci atau tak suka dengan harga miring, hanya US$ 9,90 saja atau sekitar Rp 142 ribu.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Popular Science, trypophobia adalah ketakutan akan lubang-lubang yang berkelompok. Penulis artikel tersebut mengatakan, reaksi terhadap kumpulan lubang itu dapat menyebabkan mual, kulit gatal, panik, dan bulu kuduk berdiri alias merinding.

7 dari 7 halaman

6. Kotoran

Layanan yang disebut PoopSenders ini akan mengirimkan kotoran gorila, kotoran gajah atau kotoran sapi dan bahkan paket kombo (ketiga kotoran itu) ke penerima secara anonim.

Dengan kata lain, Anda dapat menyembunyikan identitas Anda. Harga untuk membayar jasa pengiriman pun cukup terjangkau, hanya US$ 16 atau Rp 230 ribu.

Meski demikian, di dalam situs tersebut tidak dijelaskan mengenai keaslian kotoran yang dikirim via surat.

Jasa pengiriman ini telah mengirim zat berbau seperti kotoran sejak 2007. Meski demikian, PoopSenders mengatakan paket mereka "hanyalah untuk hiburan" semata.