Sukses

Lebih Horor dari SBMPTN, Ini 20 Universitas Paling Sulit Ditembus di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Panitia pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 mempercepat pengumuman hasil seleksi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dari yang semula disebutkan pukul 17.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB pada Selasa 3 Juli 2018.

Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 menyatakan telah menetapkan 165.831 atau 19,28 persen peserta yang lolos SBMPTN 2018.

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 860.001 peserta SBMPTN yang telah mengikuti ujian tertulis, baik Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Bagi peserta SBMPTN yang lolos, akan segera melakukan registrasi atau pendaftaran ulang sebagai calon mahasiswa baru pada 85 Perguruan Tinggi Negeri.

Sulitnya masuk perguruan tinggi bagi siswa SMA dicurahkan oleh banyak orang di media sosial seperti Twitter. Sejumlah kampus negeri pun dianggap sulit untuk dimasuki.

Sama halnya seperti kampus-kampus di luar negeri yang masuk dalam daftar tersulit untuk dimasuki. Tak hanya bersaing dalam satu negara, namun para calon mahasiswa harus berebut kursi dengan pelamar dari seluruh dunia.

Seperti dikutip dari laman Careeraddict.com, Rabu (4/7/2018), Berikut 20 universitas di dunia yang sulit untuk ditembus:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Harvard

Tingkat Penerimaan: 5,2 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.430 - 1.600

Harvard adalah universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts. Didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Pendidikan di Harvard menjanjikan kualitas dengan tenaga pengajar yang ahli di bidangnya. Dalam proses penerimaannya, Harvard mempertimbangkan berbagai faktor dari calon pelamar.

Hal ini dilakukan sebagai langkah tegas untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. Intinya, gelar berkuliah di Harvard sangat sulit di dunia.

Di antara alumni yang sangat mengesankan adalah co-creator Facebook Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft Bill Gates -- meski keduanya drop out di tengah jalan.

 

3 dari 6 halaman

2. Stanford University

Tingkat Penerimaan: 4,65 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.380 – 1.580

Stanford University juga masuk dalam daftar kampus di AS yang sulit untuk dimasuki. Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose.

Sejumlah lulusan dari kampus ini juga sangat terkenal seperti pendiri google Larry Page dan Sergey Brin. Begitu juga dengan pendiri Snapchat Evan Spiegel.

 

4 dari 6 halaman

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Tingkat Penerimaan: 7,1 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.460 – 1.590

Massachusetts Institute of Technology adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi.

Proses penerimaan cukup ketat dilakukan oleh pihak MIT dengan cara melihat nilai ujian masuk dari peserta. Pendiri Khan Academy, Salman Khan, PM Israel Benjamin Netanyahu dan mantan Sekjen PBB, Kofi Annan adalah lulusan dari MIT.

 

5 dari 6 halaman

4. Yale University

Tingkat Penerimaan: 6,9 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.420 – 1.600

Universitas tertua ketiga di Amerika Serikat, Yale University juga menarik banyak pelamar untuk bergabung dan belajar di kampus tersebut.

Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA).

Bidang-bidang yang diunggulkan di kampus ini di antaranya adalah ilmu sosial, humaniora hingga ilmu politik.

 

6 dari 6 halaman

5. Universitas Lainnya

Berikut peringkat selanjutnya:

5. California Institute of Technology

6. University of Cambridge

7. University of Oxford

8. Princeton University

9. University of Chicago

10. Imperial College London

11. University College London

12. Columbia University

13. The Juilliard School

14. Brown University

15. Vanderbilt University

16. University of Pennsylvania

17. Duke University

18. Indian Institute of Technology

19. Dartmouth College

20. Northwestern University

Lagi, Pria Rusak Motor di Pintu Masuk Masjid

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Enggak Lolos SBMPTN? Yuk, Cek Jadwal Ujian Mandiri PTN di Sini
Artikel Selanjutnya
Daftar Lewat Jalur Mandiri di Institut Teknologi Surabaya, Tanpa Tes Tertulis