Sukses

Meski Berumur Panjang, Separuh Warga Australia Punya Penyakit Kronis

Warga Australia hidup lebih lama namun, separuh diantaranya memiliki masalah kesehatan kronis yang mempengaruhi kualitas kehidupan mereka.

Liputan6.com, Canberra - Warga Australia hidup lebih lama namun separuh diantaranya memiliki masalah kesehatan kronis yang mempengaruhi kualitas kehidupan mereka.

Demikian salah satu penemuan penting dalam laporan Kesehatan tahun 2018 yang dibuat sebuah lembaga bernama Australian Institute of Health and Welfare Australia (AIHW).

Profesor Sanchia Aranda, kepala bidang Pencegahan Penyakit Kronis AIHW mengatakan sebagian besar kondisi itu disebabkan karena kegemukan, pola makan yang buruk dan sedikitnya aktivitas fisik yang dilakukan.

"Seiring dengan semakin ujurnya tingkat usia warga Australia, jumlah mereka yang memiliki penyakit kronis akan meningkat juga," katanya seperti dikutip dari ABC Indonesia (21/6/2018).

"Bagi Australia untuk menjadi contoh bagus di tingkat global, kita harus menunjukkan komitmen untuk menjelaskan bagaimana makanan dibuat, dipromosikan, diberi label, dan menciptakan lingkungan dimana pilihan sehat di bidang nutrisi dan kegiatan fisik adalah pillihan yang jelas dan mudah." katanya lagi.

Lima puluh persen warga Australia saat ini paling sedikit memiliki salah satu dari delapan penyakit kronis umum yaitu kanker, penyakit jantung, kondisi kesehatan mental, arthritis, sakit punggung, penyakit yang mempengaruhi paru-paru, asma dan diabetes.

Dua puluh lima persen warga Australia menderita dua kondisi ini atau lebih.

Kegemukan masih menjadi faktor utama bagi semua penyakit kronis tersebut.

Laporan menyebutkan bahwa 60 persen warga dewasa Australia saat ini mengalami kegemukan atau obesitas, dengan jumlah mereka yang sudah 'sangat gemuk' meningkat dua kali lipat.

Direktur Eksekutif AIHW Barry Sandison mengatakan mereka yang memiliki penghasilan lebih rendah tiga kali lebih mungkin memiliki kebiasaan merokok atau menderita diabetes.

"Mereka yang berada di tingkat penghasilan paling bawah dua kali lebih besar kemungkinan tidak mau ke dokter gigi karena biayanya yang mahal." kata Sandison.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Penyakit 'Khas' Warga Australia

Selain menderita kanker, penyakit jiwa, dan penyakit jantung:

  1. Satu dari tiga (7 juta) penduduk dewasa dan anak-anak menderita penyakit berkenaan dengan pernapasan seperti asma
  2. Satu dari tiga (6.9 juta) warga menderita arthritis dan kondisi lain berkenaan dengan tulang seperti sakit punggung, arthritis dan osteoporosis
  3. Satu dari 10 (1.7 juta ) penduduk dewas menunjukkan tanda-tanda biomedis menderita penyakit ginjal kronis.
  4. Satu dari 20 (1.2 juta) penduduk dewasa melaporkan diri menderita diabetes, sementara banyak lain yang tidak tahu kalau mereka terkena diabetes.
  5. Satu dari 11 (376,000) warga berusia di atas 65 dan mendeirita demensia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.