Sukses

Korea Utara-Korea Selatan Sepakat Pawai di Bawah Satu Bendera pada Asian Games 2018

Liputan6.com, Panmunjom - Atlet Korea Selatan dan Korea Utara akan berpawai bersama di bawah satu bendera Korea dalam upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 di Jakarta, kata pejabat kedua negara Senin, 18 Juni 2018.

Dalam pembicaraan di desa perbatasan Korea di Panmunjom, para pejabat dari kedua negara juga setuju mengirimkan tim gabungan untuk cabang-cabang olahraga lain di Asian Games, kata Kementerian Olahraga Korea Selatan dalam pernyataan, seperti dikutip dari VOA Indonesia (19/6/2018).

Kendati demikian, pejabat belum menentukan pada cabang olahraga apa tim gabungan tersebut akan ambil andil.

Kedua Korea juga memutuskan untuk menggelar pertandingan bola basket persahabatan di Pyongyang dan Seoul dalam beberapa bulan mendatang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut sebagai figur pengusul pertandingan persahabatan itu, kala dirinya bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beberapa waktu yang lalu, kata pejabat olahraga Korea Selatan.

Keputusan itu disebut menjadi langkah terbaru yang akan semakin mengurangi ketegangan di antara kedua negara. Sikap serupa pernah dilakukan Seoul-Pyongyang pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang Februari 2018.

Langkah tersebut juga diambil sepekan usai pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura pekan lalu.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tensi di Semenanjung Korea Kian Menurun

Banyak pihak mengatakan, pertemuan puncak satu hari antara Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un pada Selasa 12 Juni lalu semakin mengendurkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Upaya-upaya mengurangi ketegangan politik di antara kedua negara sudah mulai sejak Januari ketika Kim menyatakan kesediaannya untuk mengirimkan delegasi ke Olimpiade Musim Dingin pada Februari.

Kedua Korea bergabung untuk berkompetisi dalam cabang olahraga hoki putri. Atlet mereka juga berparade bersama dalam upacara pembukaan olimpiade untuk pertama kali dalam 11 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.