Sukses

Ini Bukti Kuliner Khas India Tidak Sebatas Kari dan Nasi Biryani

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia, makanan khas India kerap diasosiasikan sebatas ragam kari dan nasi biryani.

Padahal, negara dengan luas lebih dari 3.200 kilometer persegi itu memiliki khazanah kuliner yang sangat beragam, membentang dari wilayah selatan yang dominan santan berempah, hingga bagian utara yang kaya akan produk olahan susu berkualitas.

"Kuliner India sangat kaya, bukan hanya tentang kari, itu persepsi kebanyakan orang. Satu yang pasti, makanan India didominasi oleh makanan sehat, sayur, rempah, dan beberapa dimasak dengan teknik unik yang tidak ditemukan di tempat lain," ujar Prakash Gupta, Wakil Duta Besar India untuk Indonesia di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

"Jika Anda ingin menyantap makanan sehat yang kaya rasa, cicipilah makanan India," lanjutnya setelah menghadiri agenda temu media tentang program Flavors of India, sebuah festival kuliner khas India yang digelar di Jakarta pada pertengahan Maret nanti.

Menurut Prakash, India dan Indonesia memiliki cukup banyak kesamaan dalam selera kuliner, termasuk menjadi bagian dari sejarah jalur rempah.

Hal itu membuat beberapa kuliner di Indonesia, terutama di bagian barat, memiliki kemiripan satu sama lain.

"Kami tahu jika rendang dari Sumatera menjadi favorit banyak orang di Indonesia, dan di India, kami memiliki menu hampir serupa, dibuat dari daging kambing, yakni Kosha Mangsho. Hanya berbeda pada tebal bumbunya," jelas Prakash.

Prakash berharap, festival kuliner terkait akan kian memperkuat ikan aromatik antara kedua negara, dan sekaligus memberi kesempatan masyarakat Indonesia untuk memperkaya pengetahuan tentang keragaman India.

 

Simak video mengenai manusia dan monyet bersantap bersama di kuil berikut: 

1 dari 2 halaman

Pesta Kuliner India

Mengambil tempat di Seasonal Tastes -- salah satu restoran tertinggi di Indonesia -- pada tanggal 12 hingga 23 Maret mendatang, Kedutaan Besar India untuk Indonesia menggelar sebuah program festival kuliner bertajuk Flavors of India.

Agenda ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati beragam sajian autentik India dalam satu tempat.

Berkolaborasi dengan The Westin Jakarta, agenda ini turut mendatangkan seorang juru masak asli dari India, Nathan Singh Dhami, yang akan mengkurasi seluruh menu di sepanjang perhelatan acara.

"Kami akan mengenalkan lebih banyak cita rasa asli dari masakan India di acara ini, dan kami akan dengan senang hati berbagi pengalaman dan informasi (tentang kuliner India) dengan masyarakat Indonesia," ujar Singh Dhami.

Dalam agenda temu media yang digelar pada Selasa siang, Singh Dhami mendemonstrasikan cara memasak beberapa makanan khas India, seperti Samosa, Egg Curry, dan Pav Baji.

Khusus untuk yang terakhir disebut, merupakan sajian khas yang hanya dapat ditemui di kota Mumbai, yakni berbentuk serupa Burger, namun dengan isian kentang tumbuk goreng yang kaya bumbu. Sajian ini menjadi salah satu menu yang akan ditonjolkan selama perhelatan acara terkait. 

Duta Besar India untuk Indonesia, Shri. Pradeep Kumar Rawat, bersama tokoh terkemuka tanah air akan meresmikan agenda terkait pada 12 Maret mendatang.

Artikel Selanjutnya
Berakhir Pekan di Makassar, Tak Perlu Khawatir Kelaparan Tengah Malam
Artikel Selanjutnya
Pabrik Kimia India Terbakar, 3 Orang Tewas