Sukses

Pilot Tampar Kopilot, Adegan bak Film India pun Terjadi...

Liputan6.com, Mumbai - Sebuah maskapai penerbangan asal India, Jet Airways melarang dua orang pilotnya untuk terbang akibat bertengkar di dalam kokpit selama penerbangan.

Parahnya, kedua pilot itu bertengkar sampai meninggalkan kokpit dan membiarkan kemudi begitu saja.

Dikutip dari laman AsiaOne, Kamis (4/1/2017), penerbangan dari London menuju Mumbai itu terasa menyeramkan karena kedua pilot itu sempat beberapa menit meninggalkan ruang kemudi.

Pihak Jet Airways pun dikritik keras karena membahayakan nyawa 324 penumpangnya.

Kejadian bermula ketika seorang pilot pria bertengkar dan menampar kopilot perempuan. Tak dijelaskan secara pasti apa penyebabnya.

Namun, kokpilot itu sempat meninggalkan kokpit sambil menangis. Cerobohnya, kapten pesawat itu ikut-ikutan keluar dari ruang kemudi dan berusaha membujuk agar rekannya kembali.

"Ada kesalahpahaman yang terjadi di ruang kokpit. Namun semuanya telah diselelsaikan secara damai. Penerbangan telah dilanjutkan ke Mumbai dan telah mendarat dengan selamat," ujar pihak maskapai.

"Pihak maskapai telah melaporkan kejadian ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India dan menangguhkan jadwal terbang mereka. Keduanya kini tengah diselidiki lebih lanjut," tambahnya.

 

1 dari 2 halaman

Bertindak Mesum Saat Mengemudikan Pesawat, Pilot Ini Dipecat

Jika sebelumnya dua pilot Jet Airways dilarang terbang, maka beda dengan kasus yang satu ini. Dua pilot Argentina harus membayar mahal keputusan mereka yang membolehkan seorang bintang seksi ke dalam kokpit pesawat untuk berfoto 'selfie' bersama, di tengah penerbangan.

Model, artis, sekaligus penari Vicky Xipolitakis mem-posting fotonya bersama 2 penerbang di situs mikroblognya, Twitter. Salah satu potret bahkan dijepret sesaat setelah pesawat mengudara dari Buenos Aires ke Rosario.

Kemudian saluran televisi TN, menyiarkan gambar Xipolitakis -- yang kerap tampil dengan pakaian superminim -- menggoda pilot dan kopilot yang tak disebutkan namanya.

Rekaman di dalam kokpit kemudian juga muncul, menunjukkan sang model berteriak manja, "aku akan melakukan akselerasi dan lepas landas."

Para pilot mungkin menganggap apa yang dilakukan Vicky Xipolitakis adalah hal lucu dan menyenangkan. Namun, bos mereka tak berpikir seperti itu.

Presiden Aerolineas Argentinas, maskapai penerbangan di Argentina mengatakan, kedua pilot segera dipecat setelah perusahaan mengetahui kejadian tersebut.

Mariano Recalde, kepada saluran televisi C5N, juga meminta pihak berwenang menginvestigasi dugaan pelanggaran protokol dalam kejadian tersebut. "Kedua pilot menempatkan nyawa penumpang dalam risiko," kata dia. Seperti dikutip dari News.com.au.

"Setelah menyadari situasi tersebut, kami langsung memberhentikan para pilot. Mereka bukan sosok yang bertanggung jawab."

Aecalde juga mengatakan, si seksi Vicky Xipolitakis dilarang terbang dengan maskapainya selama 5 tahun.

Artikel Selanjutnya
Turbulensi Mengerikan Selama 15 Menit, Jendela Pesawat Air India Copot
Artikel Selanjutnya
10 Maskapai dengan Pilot Wanita Terbanyak di Dunia