Sukses

Makhluk Misterius Terlihat di Danau Albania, Monster Loch Ness?

Makhluk misterius mirip Loch Ness membuat heboh saat ditemukan di sebuah danau di Albania, Eropa.

Liputan6.com, Tirana - Makhluk asing yang diduga mirip dengan monster Loch Ness tertangkap oleh kamera milik penduduk di Albania, Eropa. Makhluk ini terlihat di Great Prespa Lake di bagian Albania -- danau tersebut terbagi atas wilayah Albania, Yunani dan Macedonia.

Loch Ness sendiri merupakan adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster yang dikenal dengan nama Nessie ini kali pertama diklaim terlihat di danau Loch Ness, Skotlandia.

Dikutip dari News.com.au, Sabtu (30/12/2017), dalam video tersebut terlihat bagian kepala dan leher dari makhluk besar tersebut. Ia muncul ke permukaan danau dan membuat heboh semua orang.

Siluet dari monster ini mengingatkan kita kepada "surgeon's photograph" yang diketahui sebagai informasi hoax seputar Loch Ness. Makhluk misterius itu kerap menyelam dan keluar dari permukaan air sebelum hilang ke dasar danau.

Sementara beberapa orang yang mengaku percaya dengan keberadaan monster itu mengklaim bahwa makhluk misterius ini mirip dengan yang ada di sebuah video lima tahun yang lalu. Di mana dalam video tersebut juga menunjukkan siluet monster di dekat desa Nivica, bagian danau yang ada di Yunani.

Kemunculan video tersebut membuat para jurnalis melakukan investigasi lebih lanjut di tepi danau, mereka dipandu oleh Sima Jonoski, seorang profesor geografi yang sudah pensiun.

Sayangnya, mereka tidak dapat menemukan tanda-tanda kehidupan dari monster laut misterius tersebut di tempat terakhir ia memunculkan dirinya.

Penduduk lokal percaya dengan legenda tentang monster yang ada di danau tersebut. Namun, beberapa dari mereka yakin bahwa makhluk yang muncul dalam video tersebut hanyalah seekor ikan lele raksasa.

"Saya ingat saat ada sebuah perahu tenggelam di Albania, dekat Mali grad, banyak anak-anak yang tenggelam di Prespa Lake," kata Jonoski, seseorang yang tidak percaya dengan legenda monster ini. Ia juga mengaku bahwa ia adalah pria pertama yang pernah berenang menyebrangi danau tersebut pada 1970.

"Lalu saya mengetahui bahwa para penyelam yang mencari korban, melihat seekor ikan lele yang sangat besar. Mereka sangat takut bahkan berhenti untuk mencari (korban). Saya pikir itu adalah salah satu ikan lele yang dilihat oleh nelayan asal Yunani tersebut," kata Jonoski.

"Terkadang hal-hal (aneh) yang terjadi di Prespa Lake tidak terjadi di danau lain," imbuh Jonoski.

"Saat saya masih menjadi guru pada 1976, saya melihat air berbentuk pilar besar yang naik di dekat perbatasan danau Yunani, berbentuk seperti jamur. Tetapi kembali ke bentuk semulanya selama 10 sampai 15 menit kemudian," cerita Jonoski.

Great Prespa Lake dan Small Prespa Lake yang ada di sebelahnya, adalah danau tektonik tertinggi di Balkan, dengan altitude sepanjang 853 meter.

Altitude adalah jarak vertikal diatas sebuah titik atau level yang dipakai sebagai patokan rata-rata ketinggian air laut (mean sea level). Sedangkan Balkan ialah nama historis dan geografis yang digunakan menggambarkan Eropa bagian tenggara.

Sebenarnya, ada banyak legenda tentang monster laut misterius yang ada di danau di seluruh dunia. Selain Nessie di Loch Ness, Skotlandia, ada juga Morag di Loch Morar, Skotlandia; Lagarfljot Worm di Lagarfljot, Islandia; Ogopogo di Danau Okanagan Kanada; dan Lariosauro di Lake Como, Italia. (Affifa Zahra)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nessie, Monster Misterius di Danau Loch Ness

Sejarah mencatat manusia hidup di zaman berbeda dengan dinosaurus. Konon, seluruh hewan purba raksasa tersebut musnah dan punah karena hujan meteor. Karena itu, sulit diyakini jika ternyata dinosaurus bisa kembali muncul di muka bumi, pada zaman ini.

Maka tak pelak, ketika seekor monster Loch Ness diduga dinosaurus muncul di danau Skotlandia puluhan tahun lalu menjadi kabar yang menggemparkan.

Pada Mei 2017, seorang turis merekam penampakan misterius di Danau Loch Ness, Inggris yang diyakini menyimpan banyak misteri. Hayley Johnson, yang berasal dari Manchester, yakin benar, ia menjadi saksi penampakan monster Loch Ness atau yang lebih akrab disebut Nessie.

Bentuk aneh itu, disaksikannya di perairan Urquhart yang disinyalir menjadi tempat favorit Nessie.

Johnson melihat bentuk misterius keluar dari permukaan air dan bentuknya seperti leher. Awalnya ia mengira, itu adalah pohon yang berbentuk aneh. Saat difoto, benda itu masih terlihat beberapa detik.

Namun, setelah ia menoleh ke belakang benda mencurigakan itu seketika lenyap.

Seorang peminat Nessie, Gerry Campbell menambahkan, makhluk misterius itu pernah terlihat di musim dingin. Namun lazimnya dilaporkan muncul di musim panas.

Alasannya, musim panas memiliki waktu siang yang lebih panjang dan cerah sepanjang hari. Dan hal inilah yang membuat mahkluk tersebut sering muncul ke permukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.