Sukses

Upacara Pemakaman Jonghyun SHINee Jadi Perhatian Dunia

Tak hanya media lokal dan Asia, upacara pemakaman Jonghyun SHINee juga jadi perhatian media asing.

Liputan6.com, Seoul - Hari ini, bintang K-pop Jonghyun SHINee dimakamkan. Jasad pria berusia 27 tahun tersebut telah dimasukkan ke dalam peti setelah selama dua hari disemayamkan di Asan Medical Center Funeral Hall.

Tangis haru keluarga, kerabat, dan para penggemar pecah. Nuansa serba hitam tampak mengawal iring-iringan jenazah pria tersebut.

Jonghyun, yang memiliki nama asli Kim Jong-hyun, adalah penyanyi utama dari salah satu grup K-pop terbesar, SHINee.

Kematiannya lantas memicu gelombang kesedihan di kalangan pencinta K-pop di dalam negeri maupun mancanegara. Para penggemar pun telah memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah pria itu dimakamkan.

Ternyata, berita pemakaman Jonghyun SHINee tak luput dari pemberitaan media asing (di luar Korea Selatan).

Salah satunya adalah situs Hollywood Life yang biasa memberitakan kehidupan selebritas Amerika Serikat. Dalam artikel berjudul "Jonghyun’s Heartbreaking Funeral: SHINee Carries His Coffin & More Tearful Moments", Hollywood Life mengangkat kematian pria ini.

Hollywood Life menulis, upacara pemakaman Jonghyun begitu emosional. Pasalnya, anggota personel boyband SHINee turut hadir dalam pemakaman tersebut.

Tak hanya hadir, mereka juga membawa peti mati Jonghyun yang kemudian dimasukkan ke dalam mobil.

Situs berita ini juga melaporkan, sekitar 500 penggemar datang untuk memberikan penghormatan terakhir. Selain anggota SHINee, kelompok terkenal seperti BTS, NCT dan BoA juga hadir.

Tak hanya Hollywood Life, media sekelas BBC juga menyorot pemakaman Jonghyun.

Dalam artikel bertajuk "Jonghyun: Funeral held for K-pop star and SHINee member" BBC memasang foto utama momen-momen ketika jasad Jonghyun digotong dalam peti menuju mobil.

Foto itu menunjukkan secara jelas ekspresi haru saudara perempuan Jonghyun yang menangis tersedu-sedu. Kedua kantong mata saudara perempuannya bahkan begitu bengkak dan memerah.

Langkahnya tampak begitu berat sambil memegang foto mendiang Jonghyun.

Kantor berita Inggris ini juga menggambarkan suasana haru. Ratusan orang berbaju serba hitam memenuhi lokasi tersebut.

Tak mau ketinggalan, artikel berjudul "Jonghyun’s SHINee bandmates lay him to rest in funeral service" yang ditulis oleh situs Metro.co.uk juga menyorot pemakaman Jonghyun.

Metro mengatakan, salah satu anggota SHINee membawa plakat yang bertuliskan, "Kim Jong-hyun orang beriman".

Sembari peti Jonghyun dimasukkan ke dalam mobil, para penggemar menundukkan kepala menyanyikan lagu-lagu pujian.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petunjuk dari Video Terakhir Jonghyun SHINee

Jonghyun dinyatakan meninggal dunia pada Senin, 18 Desember 2017 pukul 18.00 waktu setempat. Kakaknya mengatakan kepada media bahwa Jonghyun diduga tewas bunuh diri menggunakan briket batu bara. Pasalnya, benda ini ditemukan menyala di dalam apartemen pemuda berusia 27 tahun itu. Karbonmonoksida pun memenuhi ruangan.

Menjelang detik-detik terakhir kematiannya, Jonghyun sempat merekam sebuah video berdurasi 3 menit. Dalam rekaman tersebut, ia terlihat lemas dan berbicara lirih. Ia mengatakan bahwa ia amat "lelah" akhir-akhir ini.

"Rasanya seperti jatuh ke dalam kelesuan," ungkapnya, dikutip dari Mirror.

Dengan mengenakan kaus hitam berleher tinggi dan rambut panjang yang tergerai di dahinya, Jonghyun bercerita tentang kesehatan mentalnya.

"Aku mencari jalan keluar untuk pulih dari depresi," ucapnya.

Di akhir video, ia melambaikan tangan ke kamera selama beberapa detik, sebelum akhirnya berpose dengan satu tangan menutupi wajahnya. Ia terdiam.

Belum diketahui secara pasti di mana Jonghyun mengunggah video itu untuk pertama kali. Namun, di YouTube, para pencinta K-pop telah memviralkannya dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

Contohnya saja di akun milik K-Pop Culture News. Video berjudul "[Engsub] Shinee Jonghyun's Last Goodbye Video to Fans: RIP 샤이니 종현 팬들과 마지막 SNS 소통 영상 ㅠㅠ '무기력증에 빠졌어" itu telah ditonton sebanyak 260 ribu, mendapat 11 ribu Likes dan 1000 komentar.

Media Korea melaporkan, kakak Jonghyun sempat menerima pesan teks bernada sedih dari adiknya. Ia meminta kakak perempuannya itu untuk "mengikhlaskannya pergi".

"Sekarang sudah terasa semakin sulit. Biarkan aku kembali. Katakan kepada semua orang bahwa aku menderita. Itu pesan terakhirku."

Selain kakaknya, Jonghyun juga mengirim sepucuk surat bunuh diri kepada temannya, lead singer Dear Cloud Jang Hee-yeon, yang lebih dikenal sebagai Nine9.

Menurut laporan kepolisian Gangnam, Nine9 menerima surat itu beberapa hari sebelum konser tunggal Jonghyun pada 9 Desember. Surat itu kemudian diserahkan kepada pihak agensinya agar Jonghyun bisa dibantu. Namun, nasi sudah jadi bubur. Nyawa Jonghyun tak bisa diselamatkan.

Kini jenazahnya telah disemayamkan di Asan Medical Center, Seoul. Di sana, jasad Jonghyun akan dibaringkan selama tiga hari. Potret besarnya pun dipajang dengan dikelilingi bunga-bunga berwarna pink, kuning, dan putih.

Sementara itu, kabar yang beredar bahwa pihak keluarga, kerabat, teman, dan anggota SHINee lainnya akan melaksanakan upacara penghormatan terakhir secara tertutup pada 21 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.