Sukses

Kopi Gayo Menembus Pasar Amerika

KJRI Chicago dan ITPC menyelenggarakan Remarkable Indonesian Coffee Reception, untuk meningkatkan akses pasar kopi Gayo ke wilayah Midwest.

Liputan6.com, Chicago - KJRI Chicago dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) menyelenggarakan Remarkable Indonesian Coffee Reception di Amerika Serikat. Acara ini digelar untuk meningkatkan akses pasar kopi Gayo ke wilayah Midwest di Negeri Paman Sam.

Selain dihadiri Konjen RI untuk Chicago, Rosmalawati Chalid, turut pula hadir, Ketua Koperasi Ketiara Takengon Aceh, Rahma dan Perwakilan dari Colectivo Coffee Milwaukee Scott Schwebel.

Dalam sambutannya Rosmalawati menyebut, acara ini diselenggarakan untuk lebih mendekatkan para buyers dan calon pembeli kopi di wilayah Midwest dengan produsen dan eksportir kopi di Indonesia.

"Kemitraan antara Koperasi Ketiara dan Collectivo Coffee kiranya menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis kopi Indonesia," sebut Rosmalawati, dalam keterangan pers kepada Liputan6.com, Senin (1/5/2017).

Kepala ITPC Chicago Wijayanto, mengatakan kunci keberhasilan Koperasi Ketiara menembus pasar AS adalah kualitas kopi yang baik dan penerapan prinsip Good Agricultural Practices (GAP).

Hal tersebut merupakan bentuk kontribusi kepada masyarakat, Koperasi Ketiara secara aktif melibatkan dan memberdayakan petani kopi wanita di dalam proses produksinya.

Dalam business match making yang dilakukan di sela-sela acara resepsi ini, Koperasi Ketiara berhasil menciptakan potensial kontrak senilai USD 100 Ribu (setara Rp 1,33 Miliar) dengan perusahaan importir kopi AS.

Ekspor Kopi Indonesiake 13 negara bagian di Midwest pada tahun 2016 mencapai nilai USD 25,48 juta atau tumbuh sebesar 37,9% dalam kurun waktu 2014-2016.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini