Sukses

Wina Kembali Jadi Kota Terbaik Dunia, Jakarta?

Gelar kota terbaik disandang Wina, Austria selama delapan tahun berturut-turut. Bagaimana dengan ibukota Indonesia?

Liputan6.com, Wina - Wina, ibukota Austria yang terletak di pinggir Sungai Danube, kembali menjadi yang teratas dalam daftar kota-kota dengan kualitas kehidupan terbaik yang disusun oleh perusahaan konsultansi Mercer.

Gelar ini didapat Wina selama delapan tahun berturut-turut, sementara Baghdad, Irak lagi-lagi dianggap sebagai tempat terburuk untuk ditinggali.

Dikutip dari VOA News, Kamis (16/3/2017), survei terhadap 231 kota ini membantu perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi menentukan kompensasi dan uang saku "kesusahan" untuk staf internasional.

Ada puluhan kriteria yang ditetapkan, seperti stabilitas politik, layanan kesehatan, pendidikan, tingkat kejahatan, rekreasi dan transportasi.

Pusat-pusat global seperti London, Paris, Tokyo dan kota New York bahkan tidak masuk 30 teratas -- tertinggal dari kota-kota besar di Jerman, Skandinavia, Kanada, Selandia Baru dan Australia.

Singapura merupakan kota Asia dengan peringkat tertinggi, yaitu 25, sementara San Francisco di posisi 29 merupakan kota Amerika Serikat dengan peringkat terbaik. Untuk Afrika, Durban di Afrika Selatan menduduki tempat ke-87.

Penduduk Wina sebanyak 1,8 juta orang menikmati kenyamanan dari budaya nongkrong di kafe dan sejumlah museum, teater dan opera di kota itu.

Biaya sewa rumah dan transportasi publik di kota itu, yang arsitekturnya menandai masa lalu sebagai pusat kekaisaran Habsburg, rendah dibandingkan dengan ibukota-ibukota barat lainnya.

Zurich di Swiss, Auckland di Selandia Baru, Munich di Jerman dan Vancouver di Kanada mengikuti Wina dalam lima besar kota-kota paling nyaman ditinggali di dunia.

Baghdad lagi-lagi ada di peringkat paling bawah di dunia. Gelombang kekerasan sektarian telah menyapu ibukota Irak itu sejak serangan yang dipimpin AS pada 2003.

Enam tahun mengalami perang berdarah-darah di Suriah, Damaskus ada di posisi ke-7 dari bawah, diikuti Bangui di Republik Afrika Tengah, Sana'a ibu kota Yaman, Port-au-Prince di Haiti, Khartoum di Sudan dan N'Djamena di Chad.

Lantas bagaimana dengan Jakarta? Seperti dikutip dari situs Mercer, ibukota Indonesia ada di posisi 143, di bawah Kuala Lumpur (86), Bangkok (131), dan Manila (135).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini