Sukses

Wapres AS Dijadwalkan Sambangi Indonesia

Dalam pertemuan antara Menko Polhukam Wiranto dan Dubes AS dibicarakan rencana kunjungan Wapres AS Mike Pence.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence direncanakan mengunjungi Indonesia. Rencana lawatan itu dibicarakan saat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bertemu Duta Besar AS Joseph Donovan.

"Tadi sudah dibincangkan mengenai rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia," sebut Wiranto dalam keterangan pers kepada Liputan6.com, Selasa (14/3/2017).

Meski demikian, Wiranto tidak membicarakan lebih lanjut terkait tanggal pasti kunjungan tersebut. Pertemuan itu hanya membahas hal apa saja yang nantinya akan dibicarakan Pence dan Presiden Joko Widodo.

"Kita bincangkan substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan untuk Presiden Jokowi. Kita bicarakan hal-hal yang menyangkut masalah strategis yang dapat dibicangkan kedua negara," ucap Wiranto.

Selain soal rencana lawatan Pence, pertemuan antara Wiranto dan Donovan juga membahas upaya peningkatan hubungan AS-RI. Meski sudah begitu kuat, masih ada ruang untuk memperat hubungan.

Wiranto melihat indikasi penguatan hubungan AS dan Indonesia berpotensi untuk terjadi. Pemerintahan baru yang ada di Negeri Paman Sam diharapkan jadi momentum tepat peningkatan hubungan.

"Pemerintahan administrasi baru Amerika Serikat yang dipimpin oleh Presiden Donald Trump tentu kita mengharapkan bahwa partnership comprehensive ataupun strategic partnership tetap dilanjutkan," ucap dia.

"Walaupun Amerika sudah ganti pemerintah. Saya kira Duta Besar Amerika sepakat bahwa hubungan yang sudah baik itu jangan menjadi merosot tatkala berganti dengan pemerintahan yang baru," kata Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.