Sukses

Mantan PM Italia Pimpin Penguatan Hubungan dengan ASEAN

Italia membuat Asosiasi Italia-ASEAN. Kelompok baru ini dipimpin langsung mantan Perdana Menteri Enrico Letta.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Enrico Letta sudah malang melintang dalam dunia perpolitikan Italia. Pria berusia 50 tahun itu pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Menteri Urusan Eropa, Menteri Perindustrian, bahkan menjadi Perdana Menteri di Negeri Piza pada 2013 hingga 2014.

Dan kini, Letta mengemban tugas baru: sebagai pendiri sekaligus memimpin Associazione Italia ASEAN atau Asosiasi Italia-ASEAN yang baru didirikan pada 2015.

"Asosiasi baru ini bertujuan memperkuat kerja sama Italia dan ASEAN," kata Letta  dalam konferensi pers di Kediaman Dubes Italia di Indonesia, Senin (28/11/2016).

Pria ramah itu menambahkan, asosiasi tersebut bertujuan agar para pengusaha Italia lebih memahami tentang Asia Tenggara.

"Kami juga menginginkan pengusaha Italia melakukan investasi di Indonesia dan ASEAN," sebut Letta dalam konferensi pers di Kediaman Dubes Italia di Indonesia, Senin (28/11/2016).

Letta mengatakan, Italia memiliki industri yang beragam dan kuat. "Kami memiliki Ferrari, Fiat, Vespa, fashion, makanan dan minuman, juga perusahaan manufaktur dan infrastruktur." 

Mengapa ASEAN? 

Menurut Letta, ada alasan kuat kenapa Italia memilih ASEAN. Ia menilai, Asia Tenggara merupakan wilayah akan berkembang begitu pesat dibanding wilayah lain pada masa mendatang.

"ASEAN merupakan sebuah kisah sukses, kisah sukses mengenai integrasi sebuah wilayah, jadi ini adalah keputusan yang luar biasa dan keputusan ini akan mendatangkan banyak investasi," tambah dia. 

Dalam kunjungannya ke Jakarta pada 27-28 November 2016, Letta juga melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh.

Pertemuan tersebut membahas dua ajang penting yang akan diselenggarakan tahun depan.

"Acara pertama digelar pada pada 10 Mei 2016, di Jakarta, dan juga acara besar besar pada pertengahan tahun depan di Milan untuk merayakan 50 tahun ASEAN dan Italia.

Dalam acara Milan atau pun di Jakarta, asosiasi akan mengundang ratusan perusahaan dari Italia untuk berpartisipasi.

Ajang tersebut akan dimanfaatkan sebagai sarana untuk penyampaian pengetahuan terkait investasi di seluruh negara-negara ASEAN. Hal ini penting, karena kesadaran mengenai potensi Indonesia dan Asia Tenggara belum terlalu besar di lingkungan pengusaha dan pebisnis Negeri Piza.

"Italia menaruh harapan pada ASEAN, pada bagian dunia ini dalam hal investasi di masa depan. Italia akan memanfaatkan momentum 50 tahun ASEAN tahun depan, dalam mewujudkan penguatan itu," papar dia.

Selama di Tanah Air, Letta juga menyempatkan diri melakukan pertemuan beberapa pelaku ekonomi di Indonesia serta Komunitas Bisnis Italia di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini