Sukses

Menlu Retno Benarkan Ada Penyanderaan WNI ABK di Filipina Selatan

Dari 13 WNI ABK, 7 di antaranya disandera kelompok bersenjata sementara 6 dibebaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanderaan terhadap WNI di perairan Filipina Selatan kembali terjadi. Penculikan ini merupakan yang ke-3 dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta.

"Pada 23 Juni 2016, kami dapat konfirmasi telah terjadi penyanderaan anak buah kapal (ABK) tug boat Charels 001 Ting dan tongkang Roby 152," ucap Menlu di kantornya, Jumat, (24/6/2016)

Saat penyanderaan, terdapat 13 orang ABK. Namun, tidak semua awak diculik kelompok bersenjata itu.

"Saat sandera kapal, mereka membawa 13 orang, namun hanya 7 disandera sementara 6 dibebaskan," tegas Retno.

Sebelumnya, kabar penyanderaan ABK WNI ini disangkal oleh Indonesia, termasuk oleh Wapres Jusuf Kalla.

Pria yang akrab disapa JK itu bahkan sudah mendengar langsung informasi dari Kedutaan Besar Indonesia di Manila, Filipina.

"Enggak ada penyanderaan. Tadi saya baca laporan kedutaan kita di Manila," ujar JK di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada Kamis 23 Juni malam.

Dugaan adanya penyanderaan ini berawal dari pengakuan istri salah satu ABK tug boat Charles bernama Ismail pada pada pukul 11.03 Wita. Dia mengaku mendapat kabar langsung dari suaminya yang mengatakan tengah disandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

Kabar itu disampaikan melalui telepon. Ismail bercerita bahwa tawanan dibagi menjadi dua kelompok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini