Sukses

Unik, Pohon Raksasa Berusia Ribuan Tahun Menjelma Jadi Terowongan

Liputan6.com, California - Negara bagian California di AS memiliki beberapa jenis pohon yang khas, yang ukuran bisa sangat besar, sampai-sampai bagian tengahnya bahkan bisa dibuat terowongan.

Dikutip dari Daily Mail pada Jumat (10/6/2016), pohon-pohon jenis kayu merah dan sequoia tersebut seakan membawa kita ke Middle Earth dalam karya ciptaan Tolkien.

Kenyataannya, terowongan-terowongan dalam pohon itu sudah ada jauh sebelum keberadaan kisah-kisah fiksi tersebut. 

Pohon-pohon ini bisa tumbuh setinggi lebih dari 90 meter dan berusia hingga 3.000 tahun. Seiring dengan pertumbuhannya, batang utama pohon-pohon itu tumbuh sedemikian besarnya dan mendatangkan ide pemanfaatannya untuk wisata.

Yang lebih hebat lagi, walaupun dasar pohonnya sudah dilubangi menjadi terowongan, sebagian pohon-pohon ini masih terus bertumbuh dan membesar.

Chandelier Tree. Sejumlah pohon khas California bisa berukuran sangat besar sehingga bisa dibuatkan terowongan di dasar pohon. (Sumber mapio.net)

Pohon 'drive-through' pertama diciptakan di Tuolumne Grove yang terletak dalam Taman Nasional Yosemite pada 1875 dengan maksud memajukan pariwisata, demikian menurut Amazing Planet.

Pengunjung yang ingin melintasi terowongan harus membayar sejumlah uang. Pohon sequoia raksasa itu sendiri berusia 2.500 tahun dan pernah tersambar petir.

Shrine Drive-Thru di Myers Flat. Sejumlah pohon khas California bisa berukuran sangat besar sehingga bisa dibuatkan terowongan di dasar pohon. (Sumber YouTuibe)

Jika tren berlanjut, para pelancong akan melintas melalui struktur-struktur hebat itu menggunakan mobil tua mereka. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pohon-pohon besar yang disulap menjadi terowongan seperti ini.

Namun demikian, sekarang ini pohon-pohon drive-through tidak lagi dibuat lagi karena pertimbangan tentang lingkungan hidup.

Wisatawan masih bisa menikmati contoh-contoh yang terawetkan dengan baik di taman-taman nasional negara bagian California, sekaligus merupakan warisan pariwisata masa lalu.

Loading