Sukses

Kastil Abad ke-16 Ditemukan di Pusat Kota Prancis

Liputan6.com, Lille - Sebuah penggalian arkeologi pada Selasa lalu menyingkapkan keberadaan reruntuhan benteng Abad ke-16, tepat berada di tengah pusat kota Lille di Prancis.

Dikutip dari The Local pada Senin (28/3/2016), temuan itu terkuak setelah muncul dugaan terkait bangunan kuno itu dari Lembaga Nasional Penelitian Pencegahan Arkeologis (Inrap).

Penggalian mencakup kawasan seluas 5.800 meter persegi yang terletak dekat dengan kawasan bisnis Euralilie dan kawasan pemukiman Fives. Di kawasan pemukiman itu sedang akan dilakukan pengembangan perumahan.

Para ahli arkeologi terhenyak ketika menemukan bahwa situs itu telah didiami sejak tahun 1 SM. Ada beberapa peninggalan para penghuni kastil di sana.

Temuan kastil abad ke-16 di pusat kota Lille. (Sumber JP Pepek Balloïde via AFP)

"Kastil yang diperkuat ini cukup mewah, dengan sejumlah kelengkapan modern yang tak diduga sebelumnya," kata ahli arkeologi Vincent Lascour.

Lascour menuturkan, temuan perabotan termasuk peralatan gelas dari Venesia di Italia dan sendok-sendok perak itu mencerminkan gaya hidup mewah para penghuninya.

Temuan kastil abad ke-16 di pusat kota Lille dan beberapa perabot mewah di dalamnya. (Sumber Dominique Bossut  via AFP)

Tapi kisah kastil itu bukan berkutat soal makan malam yang mewah.

Di sekeliling benteng juga ditemukan peluru logam dari meriam dan bebatuan. Benda-benda itu diduga kuat menunjukkan adanya konflik antara Prancis dan Flandria, sekaligus membuktikan posisi strategis kota Lille.

Letak kota Lille, Prancis, di perbatasan dengan Belgia yang merupakan tempat tinggal leluhur bangsa Flander. (Sumber Google Maps)