Sukses

Seperti Ini Konsep Supermarket Masa Depan?

Liputan6.com, Jakarta - Berbelanja kebutuhan sehari-hari terkadang menyebalkan bagi sebagian orang -- apalagi yang waktunya terbatas atau ogah bepergian jauh -- salah satu indikasinya adalah meningkatnya layanan online yang semakin populer hampir di seluruh dunia.

Dengan belanja online, kita terhindar dari keramaian lorong-lorong supermarket dan tak lagi kesulitan membawa barang belanjaan ke kendaraan.

Namun bagaimana dengan belanja barang kelontong dalam jumlah besar? Untuk jenis yang satu itu masih harus dilakukan dengan belanja konvensional.

Dengan kemajuan teknologi, pada masa mendatang, berbelanja di supermarket mungkin saja semudah melakukan pemesanan di restoran siap saji.

 

Hal ini diduga dapat meningkatkan pelayanan pelanggan, memaksimalkan kenyamanan, meningkatkan pilihan produk dan meminimalisir biaya. (dailymail)

Setidaknya itu yang diperlihatkan dalam sebuah video yang beredar di dunia maya.

Hak paten untuk 'Drive Market' -- konsep berbelanja drive through -- belum lama ini diajukan oleh seorang penemu asal Rusia bernama Semenov Dahir Kurmanbievich.

Dilansir News.com.au, Jumat (18/3/2016), konsep tersebut memiliki persamaan dengan pom bensin, hanya saja Drive Market terdapat di dalam ruangan.

Setelah sampai di pusat pelayanan berbelanja, Anda dapat dengan mudah menggulir rak otomatis yang dapat naik-turun untuk memilih dari barang yang ada di toko dari dalam mobil.

Serupa dengan pom bensin, hanya saja 'Drive Market' terdapat di dalam ruangan. (news.comau)

Belanjaan kemudian Anda letakkan pada sabuk berjalan, sementara itu kasir akan menghitung dan menaruh belanjaan ke dalam kantung plastik.

Pelanggan kemudian melakukan transaksi dengan sejumlah cara pembayaran yang tersedia. Setelah itu, mereka dapat dengan mudah keluar dari toko.

Secara keseluruhan, proses dikatakan hanya hanya memakan waktu sekitar 5 menit.

Sementara itu, di lantai yang berbeda, beberapa pekerja bisa mengatur keseluruhan suplai toko dalam waktu riil.

Menurut laporan, ventilasi canggih akan menghisap asap kendaraan untuk menciptakan lingkungan udara yang bersih.

Di lantai berbeda staf supermarket bisa mengatur keseluruhan inventoris toko dalam waktu riil. (dailymail)

"Tujuan konsep ini adalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, memaksimalkan kenyamanan, meningkatkan pilihan produk dan meminimalisir biaya," tulis Kurmanbievich dalam surat pengajuannya.

Supermarket akan menjadi andalan ketika cuaca sedang hujan, dan lebih baik lagi tidak akan ada lagi perdebatan belanja di muka umum dan konsepnya pun menarik.

Saksikan video animasi 3 dimensi dari 'Drive Market' ciptaan Semenov Dahir Kurmanbievich asal Rusia yang diduga sebagai supermarket masa depan.