Sukses

Makhluk Mirip 'Hantu Casper' Berkeliaran di Dasar Laut

Liputan6.com, Honolulu - Gurita dikenal sebagai makhluk hidup bertubuh lunak yang memiliki 8 lengan dan biasanya ditemukan di laut. Tidak seperti moluska lainnya, hewan itu tidak memiliki cangkang.

Hewan tersebut juga dijadikan sebagai panganan oleh masyarakat di beberapa tempat di dunia, salah satunya Korea. Kuliner dengan bahan gurita yang terkenal ekstrem dari negara itu adalah sannakji, yaitu gurita hidup yang telah dipotong-potong dan diberi bumbu ringan, biji wijen, dan daun bawang.

Baru-baru ini, para ilmuwan mengatakan bahwa gurita yang mirip dengan tokoh hantu Casper ditemukan di kedalaman samudra di dekat Hawaii. Seperti yang dikutip dari BBC pada Minggu (6/3/2016), diyakini hewan itu merupakan spesies baru.

Hewan tersebut ditemukan oleh kapal selam pada kedalaman sekitar 2,5 mil (4 km) dari Necker Island. Para Ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan hewan tersebut mencetak rekor untuk gurita dengan jenis tanpa sirip.

Di dunia nyata tepatnya di benua Antartika terdapat sebuah makhluk yang sangat menyerupai Casper

 

Makhluk itu dijuluki Casper karena bentuknya yang mirip tokoh kartun tersebut. Gurita itu di dalam tubuhnya tidak mempunyai banyak sel pigmen, sehingga membuatnya memiliki tampilan berwarna terang.

Kapal Selam yang Menemukan 'Casper' (Foto: National Oceanic and Atmospheric Administration).

"Makhluk tersebut hampir dipastikan sebagai spesies yang belum dideskripsikan," ujar Michael Vecchione dari NOAA. Ia juga menyebut hewan tersebut merupakan gurita yang luar biasa kecil.

Gurita yang terletak di laut dalam dibagi menjadi dua kategori. Cirrate atau 'Dumbo', adalah jenis dengan sirip dan incirrate (tanpa sirip) terlihat lebih mirip dengan gurita air dangkal.

"Penampakan dari Casper mewakili gurita tanpa sirip yang berada di laut dalam yang pernah diamati," ujar Mr. Vecchione.

Loading