Sukses

Adegan Mendebarkan Hiu 'Raksasa' Dekati Pendayung Kayak

Seorang pengayuh kayak laut tidak menyadari ada hiu besar di dekatnya hingga orang-orang di pantai memperingatinya.

Liputan6.com, Panama City - Seorang pendayung kayak ini tak menyadari sedang dalam bahaya di laut. Ia tak melihat ada seekor hiu jumbo berenang sangat dekat dengannya.

Sejumlah orang yang berada di dermaga pun mencoba memperingatinya.

Dikutip dari Daily Mail pada Sabtu (27/2/2016), para pelancong yang sedang ada di dermaga di Pantai Panama City, negara bagian Florida dapat melihat dengan jelas bayangan hiu besar itu di atas air.

Dalam rekaman video yang beredar, terdengar ada suara-suara orang panik dan terkejut melihat pemandangan mendebarkan tersebut.

Beruntung, mamalia laut itu tak jadi mendekatinya.  Hiu besar jenis basking shark itu kemudian berenang menjauhi si pendayung kayak yang berusaha semaksimal mungkin berpindah dari area tersebut.

Hiu jenis tersebut termasuk yang berukuran paling besar dan gemar berjemur (basking). Walaupun berukuran besar, hiu jenis itu termasuk yang enggan berurusan dengan manusia dan sebetulnya bukan merupakan ancaman. Tapi hempasan ekornya tetap bisa menyakiti para perenang di laut.

Tidak seperti jenis hiu mulut besar, hiu yang terlihat dalam tayangan tidak secara aktif menyedot makanannya, tapi ia berenang mengarahkan mulutnya ke kerumunan makanannya.

Hiu jenis ini merupakan salah satu dari 3 jenis hiu yang menyantap plankton. Ia kerap menyembulkan diri di perairan dekat pantai di kala musim panas. Ciri khasnya adalah sirip punggung yang lebar.

Dikutip dari brobible.com, video penampakan hiu besar ini sebenarnya sudah berusia beberapa tahun, tetapi merebak kembali di dunia maya menjelang datangnya musim penampakan hiu di pantai-pantai AS.

Laman yang sama menjelaskan bahwa video ini direkam oleh Kapten Linda Cavitt. Berikut ini tayangannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.