Sukses

Rak Suku Aztec Sebarkan Rasa Takut Bagi Musuh dan Pengunjung

Liputan6.com, Meksiko Belum lama ini, arkeolog melakukan penemuan mengejutkan terhadap rak piala tengkorak manusia di reruntuhan Templo Mayor Aztec, Meksiko. Seramnya, rak piala pada zaman purba ini berisikan puluhan tengkorak kepala manusia yang dijadikan persembahan.

Dilansir dari The Guardian, rak suku Aztec yang dikenal dengan sebutan "Tzompantli" adalah rak yang digunakan untuk memamerkan penggalan kepala milik korban pemujaan. Sisi tengkorak diletakkan pada posisi yang agak maju agar terlihat lebih jelas pada rak yang terbuat dari kayu itu.

"Rak tengkorak ini menegaskan kekuatan suku Aztec yang memanfaatkan rak untuk sebarkan rasa takut kepada pengunjung atau musuh dengan penggalan kepala yang membusuk," ungkap arkeolog National Institute of Anthropology and History, Eduardo Matos.

Arkeolog Raul Barrera mengatakan ada 35 tengkorak kepala yang bisa dilihat, tapi diperkirakan jumlah sebenarnya lebih banyak.

Menurut para arkeolog rak tersebut dibuat pada masa awal kolonial, hal ini terlihat dari lukisan dan naskah yang terdapat di beberapa bagian rak. Tengkorak diatur untuk memandang ke pusat lingkaran, namun para ahli hingga kini masih belum mengerti arti dari pandangan itu.

Arkeolog Raul Barrera mengatakan, "Setidaknya ada 35 tengkorak kepala dapat terlihat, tapi sepertinya jumlah sebenarnya lebih banyak. Oleh karena itu kami akan terus melakukan penggalian."(Dsu/rcy)