Sukses

Tarian Tradisional Antarkan Guru Tercinta ke Pemakaman

Para murid di sekolah menengah di Selandia Baru mengantarkan kepergian guru kesayangan mereka dengan tarian `haka` yang unik.

Liputan6.com, Palmerston North, Selandia Baru Para pelajar di sebuah sekolah menengah di Selandia Baru membawakan tarian tradisional `Haka` dalam upacara pemakaman guru tercinta mereka, Dawson Tamatea.

Dalam video YouTube yang diunggah oleh akun resmi Palmerston North Boys' High School, ditayangkan tarian perang warisan leluhur Māori. Keterangan video tersebut menyebutkan, “Seluruh warga sekolah tersebut menarikan Haka saat kedatangan mobil jenazah yang membawa guru mereka. Sungguh sebuah penampilan yang emosional dan gagah. Kami sangat bangga dengan penampilan para murid kami dan kami yakin Mr. Tamatea juga bangga.”

Menurut The Irish Independent, Dawson Tamatea meninggal dalam tidurnya pada 20 Juli 2015 lalu. Ia mengajar di sekolah itu sejak tahun 1986. Video ini sendiri diunggah ke YouTube pada 26 Juli 2015 dan telah ditonton oleh lebih dari 400.000 pemirsa.

Menurut newzealand.com, tarian perang ini sebetulnya juga dipakai ketika kelompok-kelompok bertemu untuk berdamai. Di masa kini, tarian haka masih digunakan dalam upacara dan perayaan Māori untuk menghormati tamu dan acara penting lainnya. Tarian itu juga dipakai sebagai tantangan dalam pertandingan olah raga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.