Sukses

Pria Klaim Kulitnya Berubah Hitam Usai Operasi Transplantasi Hati

Usai transplantasi hati, pria ini mengaku kulitnya tiba-tiba menjadi lebih gelap.

Liputan6.com, Krasnodar Berbagai macam efek bisa saja terjadi pasca-operasi besar. Semen Gendler, 65, mengaku kulitnya tiba-tiba berubah menjadi lebih gelap setelah menjalani operasi transplantasi hati di Amerika Serikat.

Pria yang tinggal di kota Krasnodar, Rusia ini yakin hal tersebut terjadi karena ahli bedah hati memasukkan hati dari pria pendonor keturunan Afrika-Amerika.

Rupanya, ada orang lain yang punya pendapat yang sama dengannya tentang fenomena aneh ini. 

"Ketika dia mengatakan kepada saya, mereka (ahli bedah) telah melakukan transplantasi dari pendonor keturunan Afrika-Amerika. Saya kira mungkin itu alasan perubahan warna kulitnya," ujar Igor Atamanenko, rekan Gendler kepada Softpedia, Rabu (15/7/2015).

Efek samping transplantasi hati

Gendler menimpali, ia sedikit mengkhawatirkan perubahan warna kulitnya itu. 

Sayangnya, pengaduan pria itu dianggap kurang kuat. Selain kesaksian diri dan rekannya, tidak ada bukti kuat kulit pria itu benar-benar berubah gelap setelah transplantasi hati.

Ada beberapa foto yang diduga ditunjukkan sebelum dan sesudah wawancara. Tapi tidak ada kenyataan ia bersaksi dengan jujur. (fhh/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.