Sukses

Bayi Abel Butuh Bantuan Dana untuk Transplantasi Hati

Dibutuhkan dana sekitar 1,2 milyar rupiah agar bayi Abel bisa jalani transplantasi hati.

Liputan6.com, Jakarta Selain keluarga Ryuji, bayi Stefanie Annabele Rodjana atau Abel (8 bulan) kini sedang berjuang untuk mendapatkan dana 1,2 milyar rupiah. Dana tersebut diperlukan untuk menjalani operasi transplantasi hati.

Abel menderita gangguan hati bernama atresia bilier yang membuat hatinya kini tidak bisa berfungsi. Satu bulan terakhir perut Abel membesar. Menurut dokter yang merawatnya, transplantasi hati adalah satu-satunya cara agar Putri pasangan Donal Yonatan dan Yuni Liana bisa sembuh.

Bagi, Donal (37) yang bekerja sebagai wiraswasta, uang 1,2 milyar merupakan jumlah yang sangat besar. Pendapatannya dari jasa warnet kecil di Bogor tak mampu untuk mengumpulkan dana sebesar itu.

BPJS Kesehatan sendiri, menurut pemaparan Donal, hanya menanggung sekitar Rp 250 juta. Jauh dari dana yang dibutuhkan untuk transplantasi hati. "BPJS Kesehatan membantu, namun sesuai regulasi mereka," ungkap Donal saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Senin (9/2/2015).

"Untuk bisa mengkover semuanya, harus ada kebijakan khusus. Semoga bapak Presiden Jokowi bisa mendengarnya," paparnya

Bayi Abel sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta Lt 1 Gedung A Kamar 103 C.

Donal mengungkapkan awal mengetahui penyakit Abel pada saat usianya satu bulan. "Kala itu ia rewel. Badannya menguning tapi esoknya tidak. Begitu terus. Kami pikir kurang sinar matahari saja," paparnya.

Untuk meyakinkan dibawa ke dokter anak yang ada di Bogor. Sesudah melakukan pengecekan di laboratorium ternyata tingkat bilirubinnya tinggi. Disarankan dibawa ke dokter gastro. Hingga akhirnya menemukan dokter gastro di Jakarta. Dilakukan pengecekan hingga biopsi hati, tiga bulan kemudian diketahui bahwa hati Abel sudah alami sirosis. 

Hingga akhirnya pada awal tahun lalu, Abel muntah darah sehingga pihak keluarga membawanya ke salah satu rumah sakit di Bogor. Namun, rumah sakit tersebut pun tak mampu menangani Abel dan menyarankan dibawa ke RSCM.

Akhirnya, dengan modal sendiri Abel dibawa ke RSCM pada tanggal 16 Januari 2015. Kini, ia masih disana mendapatkan perawatan agar badannya stabil serta menunggu bantuan dana datang untuk bisa lakukan transplantasi hati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.