Sukses

Menakjubkan, Perabotan Kayu Dibuat Langsung dari Pohon

Seorang pembuat perabot kayu mengupayakan perkebunan yang menumbuhkan sejumlah pohon langsung menjadi perabotan kayu.

Liputan6.com, Wirksworth Seorang pembuat perabot kayu membuat sejumlah pohon langsung menjadi perabotan kayu. Gavin Munro dari Inggris mengamati bahwa selama ini perabotan kayu dibuat dengan merobohkan pohon, memotongya dan melakukan pengolahan lain sehingga menjadi perabotan. Terpikir olehnya untuk menumbuhkan pepohonan yang langsung berbentuk perabot kayu seperti kursi dan meja.

Dengan penuh kesabaran, Gavin Munro ‘melatih’ pohon-pohon selama 4 hingga 8 tahun lamanya menggunakan rangka bantu terbuat dari plastik. Karena prosesnya yang lama, perusahaan Full Grown miliknya juga membuat hiasan-hiasan lampu, bingkai cermin, dan produk lain yang lebih cepat menghasilkan uang selagi menunggu selesainya meja dan kursi yang sedang ditumbuhkan di halaman.

Untuk setiap 100 pohon yang sedang bertumbuh, ada sekitar 1.000 cabang yang harus dibentuk dan 10.000 tunas yang harus disiangi pada waktu yang tepat. Bahkan, setelah mencapai bentuk yang diinginkan, pohon tersebut masih harus dirawat untuk mendapatkan ketebalan yang cukup. Betul-betul proses yang membutuhkan kesabaran.

Pohon perabot yang sudah jadi akan dipanen pada musim dingin dan dimatangkan hingga kering supaya bisa diamplas dan diproses lagi. Perusahaan Full Grown ini pada awalnya hanya menggunakan satu jenis tanaman, salix viminalis, namun kemudian menjajal beberapa jenis tanaman lainnya untuk dilatih menjadi perabot.

Gagasan menciptakan perabot langsung dari pohon bukanlah hal baru. Di masa lalu, bangsa Tiongkok menaruh batu di sekeliling pohon supaya akarnya bertumbuh melingkarinya dan terciptalah angkringan kayu. Bedanya, Gavin Munro melakukan hal ini pada skala industri.

Secara keseluruhan, proses ini mengurangi rantai proses pengolahan dan mengurangi penggunaan energi dibandingkan dengan cara biasa. Sebagai catatan, belum ada produk yang bisa dibeli hingga tahun 2017, kecuali mungkin untuk perabot-perabot yang lebih kecil, yang diperkirakan tersedia pada akhir tahun 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini