Sukses

Kisah Peselancar Tinju Hiu dengan Tangan Kosong

Seorang peselancar asal Australia, nekat mempertaruhkan nyawanya saat ia berhadapan dengan seekor hiu.

Liputan6.com, New South Wales - Seorang peselancar asal Australia, nekat mempertaruhkan nyawanya saat ia berhadapan dengan seekor hiu. Ia meninju predator laut itu, dan selamat.

Bruce Lucas yang berusia 47 tahun sedang mendayung di pesisir Saltwater di teluk Utara New South Wales pada hari Minggu 3 April lalu. Tak disangka-sangka, ada hiu bersembunyi di perairan itu, seperti yang dilaporkan dari mashable.com, Selasa (5/5/2015).

Lucas berjarak sejauh 60 meter dari pantai saat hiu itu menggigit, mengoyak lepas sebagian dari otot lengannya.

Untuk membebaskan diri dari rahang si hiu, Lucas meninju mamalia laut bergigi tajam itu beberapa kali di bagian wajah. Ia berhasil sampai di pantai dalam keadaan terluka parah.

Lucas kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Manning Base dan mendapati 30 jahitan untuk luka sobek akibat digigit hiu.

"Ia meninju si hiu beberapa kali dengan kepalan tangan kanannya sampai si hiu kabur," demikian laporan dari The Daily Telegraph.

Hiu yang menghadang Lucas diyakini berjenis bull shark.

Bruce Lucas setelah menerima 30 jahitan di lengan kirinya.

bull shark alias hiu banteng

Selama bertahun-tahun, ada perdebatan apakah meninju hidung hiu merupakan cara terbaik untuk membebaskan diri dari makhluk predator itu. Sebagian besar ilmuwan menganggap bagian mata hiu jauh lebih sensitif, dan lebih tidak berbahaya karena tidak terlalu dekat dengan gigi.

Namun demikian, setidaknya Lucas berhasil mengalahkan si hiu dan selamat sampai daratan dengan cara menonjok predator laut itu. (Ind/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.