Sukses

Baterai Ping Black Box MH370 Expired Setahun Sebelum Hilang

Implikasi dari kondisi ini, tim pencari tak lagi bisa menggunakan hidropone pendeteksi sinyal ping Black Box.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Otoritas Malaysia merilis laporan lengkap atas penyelidikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370. Ada sejumlah hal yang diungkap dalam laporan itu, terutama soal kondisi Black Box dan sang kapten pilot Zaharie Ahmad Shah.

Dalam laporan yang dirilis bertepatan dengan setahun hilangnya MH370, Minggu (8/3/2015), dilaporkan bahwa masa berlaku baterai komponen Underwater Locator Beacon (ULB) -- yang berfungsi memberikan sinyal ping bagi instrumen pencari bernama hidrophone -- sudah expired atau kadaluarsa lebih dari setahun sebelum pesawat menghilang pada 8 Maret 2014. Baca: [Setahun Hilangnya MH370 dan Berbagai Teori Konspirasi]

Namun demikian, meski dikatakan expired, baterai itu masih bisa berfungsi. Hanya saja, daya baterai setelah dinyatakan menghilang kemungkinan tak selama baterai normal yang biasanya bisa bertahan hingga 30 hari.

Implikasi dari kondisi ini, tim pencari tak lagi bisa menggunakan hidropone pendeteksi sinyal ping Black Box, sebab daya tahan baterainya sudah habis, mengingat pesawat sudah menghilang selama setahun.

Black Box atau biasa disebut kotak hitam menjadi alat penting untuk mengungkap penyebab dan kronologi kecelakaan atau hilangnya pesawat.

"Ditegaskan bahwa tujuan dari investigasi ini sebagai refleksi untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi pada masa mendatang. Dan laporan ini tidak bermaksud untuk menyalahkan atau mengingatkan kewajiban pihak tertentu," demikian yang tertulis dalam laporan 584 halaman itu, seperti dimuat The Guardian.

Selain itu, kapten pilot Zaharie Ahmad Shah dinyatakan dalam laporan itu telah menerbangkan pesawat dengan kondisi sehat sentosa, lahir dan batin. Laporan ini membantah anggapan bahwa si pilot stres dan tengah didera masalah dalam kehidupan rumah tangganya.

"Tidak ada perubahan signifikan dalam gaya hidupnya. Juga tidak ada indikasi masalah personal dan adanya tekanan dalam keluarga. Juga tak ada tanda-tanda isolasi sosial pada pilot serta penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol," ditulis laporan tersebut.

Di samping 2 fakta bahwa masa berlaku baterai ULB Black Box sudah habis dan kondisi pilot yang normal, isi laporan lainnya tak menunjukkan informasi begitu signifikan. Misalnya terkait rincian profil dan catatan medis kru pesawat. Selain itu, dijelaskan pula terkait pemeliharaan pesawat, cuaca, dan sistem komunikasi kapal terbang jenis Boeing 737-200ER itu.

Pesawat MH370 dinyatakan hilang pada Sabtu 8 Maret 2014 dini hari, sekitar pukul 01.21 waktu setempat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China. Menurut data satelit, pesawat diketahui balik arah dan terbang ke arah Samudera Hindia bagian selatan.

Dalam peringatan setahun hilangnya MH370, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan pihaknya berkomitmen untuk menemukan pesawat tersebut. Pencarian akan tetap dilanjutkan.  "Tak ada kata-kata yang bisa mewakili betapa pedihnya perasaan para keluarga. Kurangnya bukti yang kuat soal keberadaan pesawat itu, memang suatu kenyataan yang sulit," ujar Najib.

"Bersama mitra internasional, kami terus mengikuti perkembangan dan bukti yang ada. Malaysia tetap berkomitmen untuk mencari pesawat dan berharap segera ditemukan," tandas PM Malaysia. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini