Sukses

3 Poin Keputusan yang Dipertimbangkan di KAA ke-60

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang nantinya akan bertempat di DKI Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Bogor - Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang nantinya akan bertempat di DKI Jakarta dan Bandung. Dalam pertemuan para petinggi negara tersebut nantinya akan menghasilkan 3 keputusan, di mana nantinya akan direkomendasikan ke dunia internasional untuk diapat menjadi sebuah pertimbangan.

‎"Pertama 'Pesan Bandung', kedua mengenai strategic partnershipnya Asia Afrika bagaimana memajukan 'kerja sama selatan-selatan', ketiga deklarasi mengenai Palestina‎," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/2/2015).

Materi yang akan dibahas dalam KAA di Jakarta dan Bandung tersebut saat ini sedang digodog di New York, Amerika Serikat.

Fachir menjelaskan, dalam 'Pesan Bandung' nanti akan berisikan hasil kajian mengenai kondisi makro dunia dan lebih bersifat visioner, serta lebih mengelaborasi kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara Asia-Afrika.

‎Mengenai keputusan ketiga dalam hal deklarasi Palestina, Fachir mengaku jika hal itu disetujui maka di Indonesia, negara Asia-Afrika akan mendeklarasikan nasib politk negara timur tengah itu.

‎"Yang jelas tentu saja menyangkut masalah dukungan politik bagi kemerdekan Palestina kemudian dukungan lain termasuk yang sudah dilakukan terkait capacity building," papar Fachir.

Berbagai persiapan saat ini terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia termasuk salah satunya moda-moda transportasi apa saja yang akan digunakan para pejabat negara dari Jakarta ke Bandung. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.