Sukses

Mengenal Siput Jumbo Penghasil 400 Telur

Siput asal Spanyol ini memiliki ukuran yang hampir sama besarnya dengan siput hitam yang berasal dari Inggris. begini penampakannya.

Liputan6.com, Madrid - Tahukah Anda ada siput berukuran jumbo. Hewan berlendir raksasa yang satu ini berasal dari Spanyol. Besarnya hampir sama dengan siput hitam yang berasal dari Inggris (Arion Ater)

Binatang jenis ini kerap memangsa sejenisnya -- kanibal, selain memakan kotoran dan tanaman. Siput ini juga dikenal sebagai siput siluman Spanyol dengan nama latin vulgaris.

Menurut BBC yang dilansir Selasa (18/11/2014), siput Spanyol sudah berkembang di Inggris sejak tahun 1950-an. Tetapi musim dingin kerap membunuh mereka. Mereka hijrah ke negeri matador melalui telur-telur yang menempel pada buah dan sayuran impor.

Siput jenis ini kerap bertelur hingga 400 butir dalam setahun. Lalu dapat tumbuh hingga sepanjang 12 cm, empat kali lipat dari ukuran normal siput biasa. Sama dengan siput Inggris hitam yang rata-rata berkembang 8 hingga 12cm.

 

Dengan temperatur panas di Spanyol, telur-telur siput jenis ini tak bertahan lama. Tapi di tempat yang lembab di Inggris, sebagian besar telur tersebut menetas. (Sha/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini