Sukses

18-11-1928: Tayangan Perdana Kartun Mickey Mouse Bersuara

Keberhasilan 'Steamboat Willie' tidak hanya menyebabkan ketenaran di dunia internasional untuk Walt Disney, tapi juga bagi Mickey Mouse.

Liputan6.com, New York - 18 November 1928 ditorehkan sebagai tanggal peluncuran perdana film kartun atau animasi dengan dialog pertama Mickey Mouse. Karya tersebut berjudul 'Steamboat Willie'.

'Steamboat Willie' adalah film animasi pendek Amerika tahun 1928, disutradarai oleh Walt Disney dan Ub Iwerks. Karya ini diproduksi dalam warna hitam-putih oleh Walt Disney Studios dan dirilis oleh Celebrity Productions. Kartun ini dianggap debut Mickey Mouse dan pacarnya Minnie.

Film 'Steamboat Willie' Mickey Mouse tayang perdana di Universal Colony Theater di New York City, Amerika Serikat. Debut itu dipublikasikan oleh Celebrity Productions dan berlangsung selama 2 minggu.

Selama sepekan, Disney dibayar US$ 500 atau sekitar Rp 6,1 juta. Jumlah bayaran tersebut cukup besar pada era tersebut.

Ketika itu 'Steamboat Willie' bersanding dengan film independen bertajuk 'Gang War'. Saat film yang bintang utamanya Mickey Mouse menjadi hits, saingannya malah terlupakan.

Keberhasilan 'Steamboat Willie' tidak hanya menyebabkan ketenaran di dunia internasional untuk Walt Disney, tapi juga bagi sosok Mickey Mouse.

Menurut Roy O. Disney, Walt Disney terinspirasi untuk membuat kartun suara setelah menonton The Jazz Singer (1927). Setelah itu perusahaan film itu berniat untuk menjadikan Mickey Mouse sebagai karakter baru untuk menggantikan 'Oswald the Lucky Rabbit'.

Dua film pertama Mickey Mouse yang diproduksi versi bisu 'Plane Crazy' dan 'The Gallopin 'Gaucho' gagal mengesankan penonton dan mendapatkan distributor. Disney percaya bahwa menambahkan suara ke kartun akan sangat meningkatkan daya tariknya.

'Steamboat Willie' adalah produksi kartun ketiga film Mickey Mouse.

Pada tanggal yang sama dalam catatan Today in History 1493, disebutkan kala itu Christopher Columbus pertama kali melihat pulau yang sekarang dikenal sebagai Puerto Rico. Sementara pada 18 November 1918, Latvia menyatakan kemerdekaannya dari Rusia. (Tnt/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini