Sukses

Transaksi Harian Kripto Milik JPMorgan, JPM Coin Sentuh Rp 15,9 Triliun

JPM Coin ditransaksikan setiap hari sebagian besar dalam dolar Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Aset kripto milik JPMorgan yaitu JPM Coin berhasil memproses USD 1 miliar atau setara Rp 15,9 triliun transaksi harian. Ini memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan yang paling banyak menggunakan teknologi blockchain oleh lembaga keuangan tradisional.

JPMorgan juga memiliki rencana ambisius untuk memperluas pemanfaatannya lebih lanjut. Kepala Pembayaran Global JPMorgan, Takis Georgakopoulos mengatakan aset serupa yang dirancang untuk investor ritel akan menjadi perhentian berikutnya.

"JPM Coin ditransaksikan setiap hari sebagian besar dalam dolar AS, tetapi kami kembali bermaksud untuk terus memperluasnya,” kata Georgakopoulos, dikutip dari Crypto Potato, Sabtu (28/10/2023). 

Bakal Jajaki Investor Ritel

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV, Georgakopoulos menyoroti kelemahan penting dari sistem pembayaran yang ada, seperti kecepatan rendah, termasuk batas waktu, dan keterlambatan dalam melakukan pembayaran, terutama pembayaran lintas batas.

Ia juga berbicara tentang inefisiensi ketika terkait dengan perpindahan uang dan informasi secara terpisah, yang membuatnya sulit untuk didamaikan, diubah, dipahami, dan, yang paling penting, dilacak. Eksekutif tersebut lebih lanjut menunjukkan uang dapat dipertukarkan, sedangkan aktivitas individu tidak dapat dipertukarkan.

"Alasan mengapa kami menciptakan koin JPM dan secara umum kami melihat mata uang digital sebagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apa yang kami lakukan dengan JPM Coin adalah sisi kelembagaan dari solusi tersebut, bekerja di lingkungan yang memiliki izin dengan perusahaan yang tepercaya dan saling percaya," ujar Georgakopoulos. 

Meskipun JPM Coin saat ini melayani kebutuhan institusi, Georgakopoulos mengatakan langkah selanjutnya bagi perusahaan adalah membuat versi ritel dari aset tersebut untuk memberikan efisiensi yang sama kepada konsumen.

Dia juga menekankan mata uang digital bank sentral (CBDC) menawarkan satu jalan untuk mencapai hal ini, namun dia menyoroti potensi bagi bank untuk menciptakan variasi komersial dari simpanan digital yang berfungsi seperti simpanan tradisional.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Investasi Morgan Stanley Sebut Musim Dingin Kripto Sudah Berakhir

Sebelumnya diberitakan, bank investasi global Morgan Stanley percaya musim dingin kripto mungkin sudah berlalu dan musim semi kripto kemungkinan besar akan segera terjadi.

Seorang analis di Morgan Stanley Denny Galindo menjelaskan secara historis, sebagian besar keuntungan bitcoin terjadi langsung setelah peristiwa halving yang terjadi setiap empat tahun.

Hal tersebut disampaikan Galindo dalam laporan baru Morgan Stanley berjudul “Akankah Musim Semi Crypto Akan Datang?” yang dirilis akhir pekan lalu.

“Sama seperti seorang petani yang menghindari menanam bibit di musim dingin atau terlambat di musim semi, investor kripto ingin tahu kapan musim semi kripto telah tiba untuk memaksimalkan musim tanam investasi mereka,” kata Galindo dalam laporannya, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (24/10/2023).

Galindo menambahkan hanya ada tiga mata air kripto hingga saat ini dan mengakui masih banyak yang harus dipelajari. Berdasarkan data saat ini, tanda-tanda menunjukkan musim dingin kripto mungkin sudah berlalu dan musim semi kripto kemungkinan besar akan segera terjadi.

3 dari 4 halaman

Periode Sebelum Halving

Galindo menggambarkan musim semi kripto sebagai periode sebelum setiap halving di mana harga bitcoin umumnya pulih dari titik terendah siklus, namun minat investor cenderung lemah. Dia menunjukkan ada tiga musim dingin kripto sejak 2011, yang masing-masing berlangsung sekitar 13 bulan.

"Perkiraannya bervariasi, namun sejarah menunjukkan bahwa halving berikutnya dapat terjadi sekitar bulan April 2024. Tanda-tanda menunjukkan musim dingin kripto siklus penurunan pasar bearish bitcoin mungkin sudah berlalu,” jelas Galindo.

Semakin banyak individu dan analis yang menyatakan optimisme mengenai prospek bitcoin dan pasar mata uang kripto secara keseluruhan. Pada April, Standard Chartered Bank mengatakan musim dingin kripto telah berakhir, memperkirakan harga bitcoin dapat mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.878 per dolar AS) tahun depan.

4 dari 4 halaman

Tingkat Dominasi Bitcoin di Pasar Kripto Sentuh Tertinggi Sejak Awal 2021

Sebelumnya diberitakan, tingkat dominasi atau pangsa bitcoin (BTC) di pasar kripto secara keseluruhan terus meningkat, mengancam untuk membalikkan reli mata uang kripto alternatif (altcoin) yang mengalahkan BTC sejak awal 2021.

Tingkat dominasi naik menjadi 52,45 persen mencapai level tertinggi sejak April 2021, menurut data yang dilacak oleh platform grafik TradingView. Kenaikan bitcoin konsisten dengan penembusan bullish yang terlihat pada Juni, yang menandai berakhirnya kisaran berkepanjangan antara 38 persen dan 48 persen. 

Menurut analisis teknis, Katie Stockton dari Fairlead Strategies, hal ini kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang, membalikkan penurunan dari 60 persen menjadi 40 persen yang terlihat selama hari-hari pasar kripto yang suram pada Maret-April 2021. 

Investor kemudian memutar uang dari bitcoin yang relatif mahal ke dalam bitcoin. altcoin, menyebabkan penurunan tingkat dominasi BTC.

“Indeks siap untuk diperpanjang lebih tinggi, terutama setelah menyelesaikan kisaran perdagangan dua tahun yang lebih tinggi pada musim panas ini,” kata Stockton dalam analisisnya, dikutip dari CoinDesk, Minggu (22/10/2023).

Stockton menambahkan indikator perusahaannya yang mengikuti tren jangka panjang juga mendukung lebih banyak dominasi bitcoin, dan ada ruang untuk resistensi berikutnya.

"Kami memperkirakan bitcoin akan mengungguli altcoin, semakin membalikkan perolehan altcoin yang diperoleh pada semester pertama 2021,” lanjut Stockton.

Fokusnya akan beralih ke resistensi utama Fibonacci di 60,17 persen setelah tingkat dominasi mencapai di atas tertinggi pada Juni di 52,18 persen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini