Sukses

Sempat Jadi Sorotan, Bagaimana Harga Kripto WLD Coin Saat Ini?

Pengguna harus terlebih dahulu mengunduh Aplikasi World, aplikasi dompet pertama yang mendukung pembuatan World ID.

Liputan6.com, Jakarta - Worldcoin (WLD Coin) menawarkan fitur World ID-nya, yang digambarkan perusahaan sebagai "paspor digital". WLD Coin juga digunakan untuk membuktikan pemegangnya adalah manusia nyata, bukan bot AI. 

Dilansir dari Coinmarketcap, sistem Worldcoin berputar di sekitar World ID, jaringan identitas global yang menjaga privasi. World ID memungkinkan pengguna untuk memverifikasi kemanusiaan mereka secara online (Proof of Personhood) sambil menjaga privasi pengguna.

Untuk terlibat dengan protokol Worldcoin, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh Aplikasi World, aplikasi dompet pertama yang mendukung pembuatan World ID

Pengguna mengunjungi perangkat pencitraan fisik yang disebut Orb untuk mendapatkan verifikasi World ID Orb mereka. Sebagian besar Orb dioperasikan oleh jaringan bisnis lokal independen yang disebut Operator Orb. 

Orb menggunakan sensor multispektral untuk memverifikasi kemanusiaan dan keunikan, dengan semua gambar segera dihapus di perangkat per default (tidak ada persetujuan eksplisit untuk penyimpanan data).

Semua pemegang ID Dunia yang diverifikasi Orb berhak untuk mengklaim pemberian berulang token WLD gratis. Ini berpotensi menjadikan WLD sebagai mata uang digital yang paling banyak didistribusikan.

Pendiri WLD Coin

Worldcoin didirikan oleh Sam Altman, Alex Blania, dan Max Novendstern (Max Novendstern keluar dari proyek pada Juli 2021). Salah satu pendiri yang paling terkenal, Sam Altman, juga merupakan salah satu pendiri dan CEO OpenAI saat ini dan mantan presiden Y Combinator, inkubator startup. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga WLD Coin

Penelitian dan pengembangan awal untuk proyek Worldcoin dilakukan oleh Tools for Humanity (TFH) dan mitra lainnya. Worldcoin telah mengumpulkan lebih dari USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.012 per dolar AS) di beberapa putaran pendanaan dari investor seperti a16z, Khosla Ventures, Bain Capital Crypto, Blockchain Capital, dan Tiger Global.

Harga WLD Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (26/9/2023), WLD Coin mencatatkan performa cukup apik. Harga WLD adalah Rp 26.661 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 2,1 triliun.

WLD Coin menguat 5,94 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 130. Kapitalisasi pasar WLD Coin Rp 3,5 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 131,29 juta WLD dari maksimal suplai 10 miliar WLD.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Bitgamo Bakal Dirikan 75 ATM Kripto di Eropa pada 2024

Sebelumnya, Bitgamo, perusahaan pertukaran kripto yang berkembang pesat mengumumkan akan membuka sebanyak 75 ATM kripto di seluruh Eropa pada 2024. 

Bitgamo adalah pertukaran mata uang kripto yang didirikan pada 2020 oleh grup keuangan terkenal dengan visi untuk memperkenalkan manfaat kripto di negara-negara yang sulit membeli atau memiliki mata uang kripto sambil mengatasi masalah terkait privasi.

Perusahaan ini telah memperoleh daya tarik yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir sebagai satu-satunya penukaran kripto tanpa Know Your Customer (KYC) menjadi fiat.

Pertukaran ini juga menawarkan nilai tukar jauh lebih tinggi daripada platform lain untuk Bitcoin, Litecoin, dan Ethereum. ATM kripto sangat populer saat ini di kalangan penggemar kripto. Bitgamo menginformasikan semua ATM kripto mereka yang akan datang akan menawarkan harga terbaik di pasar bagi pelanggan yang ingin menjual kripto mereka.

Sebagai pertukaran kripto Bitgamo telah menciptakan dampak besar di pasar dengan menawarkan tarif hingga 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan semua bursa lain yang ada. 

Untuk memberikan manfaat ini kepada pelanggannya, Bitgamo menggunakan jaringan pihak ketiga yang kuat untuk mendistribusikan kembali mata uang kripto ke Timur Tengah dan wilayah lain di mana memperoleh kripto sulit dilakukan karena kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan.

Direktur Komunikasi dari Bitgamo, Gabriel Weber mengatakan, ini adalah saat yang sangat menarik bagi industri aset digital. 

"Setelah mencapai beberapa pencapaian penting selama beberapa bulan terakhir, Bitgamo kini siap untuk tahap pertumbuhan berikutnya,” kata Weber, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu (24/9/2023).

4 dari 5 halaman

Pertumbuhan Bitgamo

Pertumbuhan pesat Bitgamo juga dapat dikaitkan dengan kebijakan pertukaran tanpa KYC yang memungkinkan pengguna untuk bertukar kripto tanpa memberikan informasi pribadi atau registrasi yang sensitif. 

Dalam sejarah kripto, sejauh ini belum ada perusahaan lain yang mampu memberikan fasilitas ini kepada pelanggannya. Sebagai perusahaan yang berbasis di Luksemburg, Bitgamo tidak wajib meminta dokumen KYC bagi penggunanya karena undang-undang negara tersebut memperlakukan kripto sebagai bentuk aset.

5 dari 5 halaman

India Raih Peringkat Kedua di Dunia dalam Volume Transaksi Kripto

Sebelumnya, India telah muncul sebagai pasar kripto terbesar kedua di dunia dalam hal volume transaksi mentah, melampaui Inggris, Turki, dan Rusia.

Menurut laporan Chainalysis baru-baru ini, India mencatat volume kripto sekitar USD 269 miliar atau setara Rp 4.133 triliun (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS) antara Juli 2022 dan Juni 2023.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (22/9/2023), laporan dari Chainalysis juga menunjukkan Asia Tengah dan Selatan, termasuk India, adalah pasar kripto terbesar ketiga di dunia, setelah Amerika Utara dan Eropa Tengah, Utara dan Barat. 

Laporan tersebut mencatat wilayah ini telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam adopsi kripto selama setahun terakhir, dengan India yang memimpin.

Pertumbuhan pasar kripto India dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk meningkatnya popularitas platform perdagangan peer-to-peer, munculnya aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan meningkatnya penerimaan mata uang kripto oleh pedagang dan bisnis.

Hal ini terlepas dari kenyataan bahwa pemerintah memiliki tarif pajak mata uang kripto yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan negara lain, dengan pengurangan keuntungan sebesar 30 persen dan pajak transaksi sebesar 1 persen. 

Namun laporan tersebut menekankan permintaan besar terhadap mata uang kripto di India masih tetap ada, menjadikannya pemain terkemuka di industri global. Amerika Serikat terus memiliki pasar kripto terbesar di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini